Gresik (ANTARA News) - Timnas Voli Putra Indonesia membuka peluang ke delapan besar pada Kejuaraan Bola Voli Asia Putra ke-19 setelah mengalahkan Arab Saudi dengan skor 3-1 (25-23, 25-21, 22-25, 26-24) di GOR Tridharma, Kabupaten Gresik, Jatim, Senin.

Pemain Timnas Indonesia yang disiapkan untuk ajang SEA Games XXIX/2017 bermain mendominasi pada dua set awal, dengan beberapa smes gagal diantisipasi pemain lawan, sehingga unggul pada set pertama dan kedua dengan angka 25-23 dan 25-21 atau 2-0.

Memasuki set ketiga, anak asuh Samsul Jais tersebut harus mengakui keunggulan pemain Arab Saudi yang mampu membalikkan keadaan dan unggul dengan angka 22-25, sehingga skor menjadi 2-1.

Pada set ketiga sempat terjadi kejar mengejar angka, tepatnya ketika Timnas Indonesia unggul di angka 23 dan dikejar hingga menyamakan angka menjadi 23-23, namun beruntung Indonesia mampu menyudahi laga dengan angka 26-24, atau skor akhir 3-1.

Manager Timnas Indonesia, Nanang Masbudi mengaku bangga atas kemenangan anak asuhnya, karena kemenangan ini bisa membuka peluang maju ke delapan besar Kejuaraan Bola Voli Asia Putra ke-19 atau "The 19th Asian Senior Mens Volleyball Championship".

"Sasaran utama pada ajang ini adalah mengambil pengalaman terbaik, untuk modal di SEA Games nanti, dan progres tim selama dua bulan sudah mengarah ke perbaikan," katanya.

Terkait ketinggalan angka pada set ketiga, Nanang mengaku hal itu karena kehilangan kontrol dan servis, dan akan diperbaiki pada pertandingan berikutnya.

"Ini merupakan laga perdana pada kejuaraan kali ini, sehingga masih ada kelemahan, dan akan kami jadikan bahan evaluasi," kata Nanang dalam keterangan persnya usai laga.

Sementara Pelatih Arab Saudi, Garcia Ramon mengaku kekalahan dari Indonesia ini karena sebelumnya timnya belum melakukan riset terhadap permainan Indonesia.

"Kami belum tahu peta kekuatan voli Indonesia, dan kekalahan ini akan kami jadikan evaluasi," katanya.

Asian Senior Mens Volleyball Championship ke-19 digelar di dua tempat yakni GOR Petrokimia dan GOR Wahana Eskpresi Pusponegoro tanggal 24 Juli sampai 1 Agustus 2017.

Kejuaraan diikuti 16 negara yaitu Arab Saudi, Australia, Tiongkok, Hongkong, Indonesia, Irak, Iran, Jepang, Korea, Kazakhtan, Pakistan, Qatar, Srilangka, Thailand, Vietnam dan Taipe.

Kejuaraan ini dibagi empat grup dengan masing-masing grup ada 4 negara, dan Indonesia bersaing bersama Qatar, Kazakhtan dan Saudi Arabia untuk memperebutkan dua posisi teratas agar bisa maju ke babak delapan besar, sekaligus merebut tiket untuk ajang serupa dua tahun lagi.

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017