Jakarta (ANTARA) - Tim bola voli putra Jakarta LavAni Allo Bank tak keberatan meminjamkan pemain mereka kepada Jakarta Bhayangkara Presisi yang akan bersaing pada Kejuaraan Bola Voli Asia 2023 atau AVC Men's Volleyball Championship 2023 di Manamah, Bahrain, 14-21 Mei.

Berdasarkan surat dari Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI), pada 4 April, pevoli LavAni yakni Hendra Kurniawan yang berposisi sebagai middle blocker masuk dalam daftar yang direkomendasikan untuk memperkuat Bhayangkara.

"Ada permintaan dari Jakarta Bhayangkara Presisi agar Hendra Kurniawan dapat dipinjamkan ke klub Bhayangkara dalam turnamen tersebut," kata Ossy saat ANTARA mengonfirmasi, Sabtu.

"Demi nusa dan bangsa tentu kami mendukung penuh niat baik tersebut untuk keberhasilan Bhayangkara dalam turnamen ini serta untuk menambah jam terbang Hendra Kurniawan di turnamen internasional," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Bhayangkara tergabung di Pool A pada Kejuaraan Bola Voli Asia 2023

LavAni sebenarnya mendapat tawaran lebih dulu untuk bersaing di kejuaraan bola voli antar-klub di Benua Kuning tersebut. Namun karena persiapan yang singkat akhirnya tim juara Proliga dua edisi beruntun 2022 dan 2023 memutuskan absen.

Terlebih lima pemain andalan termasuk Hendra Kurniawan, Dio Zulfikri, Fahri Septian Pratama, Muhammad Malizi, dan Boy Arnez saat ini tengah tergabung dalam pemusatan latihan nasional (pelatnas) SEA Games XXXII/2023 di Kamboja yang dijadwalkan bergulir pada 5-17 Mei.

Alhasil Bhayangkara sebagai runner-up Proliga 2023 yang akhirnya menggantikan posisi LavAni di AVC Men's Volleyball Championship 2023.

Selain pemain LavAni, PP PBVSI juga merekomendasikan dua pemain Jakarta STIN BIN yakni Dimas Saputra dan Farhan Halim, serta Doni Haryono yang saat ini tergabung di klub Liga Jepang VC Nagano Tridents.

Sementara sisanya adalah pemain Bhayangkara yang musim bersaing di Proliga 2023 termasuk sang kapten Nizar Zulfikar, Rendi Tamamilang, Hernanda Zulfi, dan Yuda Mardiansyah Putra.

Bhayangkara akan mengawali Kejuaraan Bola Voli Asia 2023 tergabung di Pool A bersama Alahli Sport Club (Bahrain), Korean Air Jumbos Pro-Volleyball Club (Korea Selatan), dan Canberra Heat (Australia). Secara keseluruhan ada 16 tim yang bersaing dalam ajang tersebut.

Baca juga: LavAni pertahankan gelar juara Proliga
Baca juga: Jakarta LaVani juara putaran kedua PLN Mobile Proliga 2023

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023