London (ANTARA News) - KBRI Oslo mengadakan Pesta Rakyat dengan mengelar berbagai lomba 17 Agustus seperti tarik tambang, lomba makan kerupuk, balap karung, memindahkan bola dan lomba kelereng bagi anak-anak.

Bekerja sama dengan Danisa Speciality Food ApS Denmark, KBRI Oslo memanfaatkan Pesta Rakyat untuk ajang promosi produk kopi Indonesia, Kopiko Volcanic Coffee 100% Arabika Indonesia, yang sudah masuk wilayah Skandinavia khususnya Denmark dan Swedia dan akan masuk pasar Norwegia.

Sekretaris Kedua Fungsi Pensosbud KBRI Oslo Dilla Trianti kepada Antara, Selasa, mengatakan pada acara ini digelar pula  pagelaran busana nasional dan daerah yang menyedot perhatian pengunjung.

Pesta Rakyat di Wisma Duta RI Oslo dua hari itu adalah termasuk rangkaian kegiatan peringatan HUT RI ke-72 KBRI Oslo yang dimulai sejak 13 Agustus lalu.

Dubes RI untuk Norwegia dan Islandia Yuwono A. Putranto menyebut peringatan HUT RI adalah salah satu cara agar jiwa nasionalisme dan cinta Indonesia tetap mengalir dalam diri masyarakat dan diaspora Indonesia.

"Diharapkan masyarakat dan diaspora Indonesia di Norwegia dan Islandia merasa terlibat dan mendalami kembali makna peringatan HUT RI. Diaspora Indonesia dapat mengajarkan dan menumbuhkan kecintaan terhadap tanah air kepada putra-putrinya," kata Yuwono.

Pesta Rakyat ini juga dimeriahkan oleh penyanyi jazz Indonesia, Murni Surbakti, yang sedang mengunjungi Norwegia. Lagu-lagu daerah dan  nostalgia mengiringi Pesta Rakyat dari awal hingga akhir.

(Baca: KBRI Budapest gelar lomba esai tentang Indonesia bagi pelajar setempat)

(Baca juga: Cara Ekuador ucapkan selamat HUT ke-72 RI)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017