Tangerang (ANTARA News) - Aplikasi E-Plesiran yang baru saja diluncurkan akan mendongkrak jumlah wisatawan yang datang ke Kota Tangerang.

Kepala Bidang Pariwisata Kota Tangerang Rizal Ridallah di Tangerang, Selasa, mengatakan E-Plesiran merupakan sebuah aplikasi terbaru Kota Tangerang yang telah terintegrasi dalam aplikasi utama Tangerang LIVE yang merupakan rumah bagi berbagai aplikasi yang dimiliki oleh pemkot Tangerang.

"E-Plesiran merupakan sebuah aplikasi layanan informasi pariwisata yang ada di Kota Tangerang, di dalamnya berisi informasi pariwisata seperti objek wisata, kuliner dan hiburan. Selain itu juga berisi informasi fasilitas yang ada di Kota Tangerang seperti masjid, bank, ATM, SPBU, kantor polisi, rumah sakit, dokter, sekolah, universitas, stasiun, terminal, agen travel," katanya.

Masyarakat akan sangat mudah mendapat tempat wisata melalui aplikasi ini. Bahkan, tempat lainnya seperti ATM, SPBU hingga kantor polisi, ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Rina Hernaningsih menambahkan jika aplikasi E-Plesiran tersebut juga merupakan bagian dari usaha Pemkot untuk memudahkan aksesibilitas masyarakat terhadap titik-titik wisata di Kota Tangerang.

"Bagian dari kemudahan buat masyarakat kota Tangerang dan orang yang akan berkunjung ke Kota Tangerang," jelasnya.

Aplikasi E-Plesiran ini bisa menjadi panduan bagi wisatawan yang datang ke kota Tangerang untuk lebih mudah dalam mengexplore berbagai potensi wisata di kota Tangerang lengkap dengan informasi informasi tambahan yang dibutuhkan.

"Aplikasi E-Plesiran ini bisa jadi panduan dan acuan bagi wisatawan yang berkunjung ke kota Tangerang, karena di dalamnya banyak informasi tentang destinasi wisata kota Tangerang," katanya.

Lebih lanjut, aplikasi terbaru ini telah terintegrasi dengan aplikasi Tangerang Live, sehingga masyarakat hanya perlu menginstal aplikasi atau mengupdate aplikasi Tangerang Live versi terbaru.

Selain itu, aplikasi E-Plesiran juga terkoneksi dengan google sehingga setiap pengguna smartphone bisa menggunakan aplikasi ini dan tidak terbatas hanya masyarakat kota Tangerang saja.

Melalui aplikasi tersebut, lanjutnya, pihaknya juga berharap bisa semakin mengoptimalkan potensi UMKM di Kota Tangerang. "Menumbuhkan potensi UKM Kota Tangerang," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017