Tarakan (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menyumbang satu ekor sapi untuk kurban pada Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah di Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Hal ini dibenarkan Kepala Kepala Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Tarakan Wipraptono Soebagio melalui sambungan telepon dari Nunukan, Selasa berkaitan dengan sapi kurban sumbangan Presiden RI (Jokowi).

Sapi jenis Limousine-Bali beratnya 830 kilo gram dengan tinggi badan sekitar 1,98 meter dan panjang badan sekitar 2,25 meter milik warga Kota Tarakan seharga Rp60 juta.

Kepastian sapi untuk kurban sumbangan Presiden RI kepada masyarakat Kota Tarakan, setelah staf Kepresidenan menemui pemilik sapi bernama Ahmad Soleh dikediamannya di Juata Kerikil Kota Tarakan sejak sebulan lalu.

Sapi ini merupakan perkawinan silang secara suntik antara sapi lokal asal Bali dengan sapi Eropa jenis Limousine. Inseminasinya dilakukan sejak enam tahun lalu oleh Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Tarakan.

"Sapi sumbangan bapak Presiden Jokowi adalah hasil perkawinan silang dengan cara suntik antara sapi Bali dengan Eropa jenis Limousine," kata Wipraptono Soebagio

Sapi sumbangan Jokowi tersebut rencananya dikurbankan di Masjid Al Taqwa Sebengkok usai sholat Idul Adha 1438 H.

Pewarta: M Rusman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017