Rabu, 27 September 2017

Mendikbud: 02SN dapat lahirkan atlet tangguh

| 1.502 Views
Mendikbud: 02SN dapat lahirkan atlet tangguh
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. (ANTARA /Puspa Perwitasari)
Melalui O2SN ini, diharapkan akan terbentuk sumber daya atlet yang dapat mewakili Indonesia pada kegiatan olahraga tingkat Asia maupun Internasional
Medan (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional atau O2SN dapat melahirkan atlet-atlet yang tangguh dan berkualitas.

"Melalui O2SN ini, diharapkan akan terbentuk sumber daya atlet yang dapat mewakili Indonesia pada kegiatan olahraga tingkat Asia maupun Internasional," kata Mendikbud, dalam sambutannya pada pembukaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) di Gedung Serbaguna Medan, Senin.

Karena, menurut dia, selama ini para pelajar sering terpilih dalam kegiatan berbagai olahraga yang mewakili daerah Kabupaten/Kota, Provinsi, maupun Indonesia ke tingkat Asia maupun dunia.

"Hal ini membuktikan bahwa pelajar SD, SMP,SMA/SMK merupakat bibit atlet yang diharapkan ke depan dapat mengharumkan nama baik bangsa dan negara," ujar Effendy.

Ia mengatakan, dalam pembinaan atlet muda dari pelajar ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mengadakan kerja sama dengan Pengurus KONI Pusat.

Melalui kerja sama tersebut, semakin lebih banyak lagi tercipta atlet-atlet muda yang memiliki prestasi cemerlang.

"Kemendikbud juga berharap melalui kegiatan 02SN yang digelar pada setiap tahun dapat melahirkan prestasi atlet di tingkat nasional maupun internasional," ucapnya.

Effendi menambahkan, Kemendikbud juga akan membuat dan memberikan dua rapor kepada siswa, yakni penilaian akademi dan juga pembinaan karakter.

Dalam penilaian karakter siswa itu, termasuk di dalamnya kegiatan seni dan olahraga.

"Jadi, pembinaan seni dan olahraga tersebut, diperlukan para pelajar dan juga sekolah untuk meraih prestasi," kata Mendikbud.

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga