"Seleksi ini salah satu agenda penting dalam upaya mencari dan mempersiapkan bibit-bibit unggul di bidang olahraga sejak usia dini,"
Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah menjadikan pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) sebagai wadah mencari Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di bidang olahraga.

"Seleksi ini salah satu agenda penting dalam upaya mencari dan mempersiapkan bibit-bibit unggul di bidang olahraga sejak usia dini," kata Budi Santosa di Pangkalan Bun, Rabu.

Adapun O2SN ini diikuti oleh siswa siswi di tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) dan Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) se-Kabupaten Kobar.

Pada seleksi O2SN ini, setiap sekolah diminta mengirimkan perwakilan siswa siswi terbaiknya untuk mengikuti kompetisi dalam berbagai cabang olahraga yang telah ditentukan.

Budi mengatakan, pelaksanaan O2SN ini bertujuan untuk mendorong siswa-siswi mengukur kemampuan dan mengukur prestasi ataupun bakat yang dimiliki, meningkatkan kemampuan olahraga, serta membangun semangat kompetitif yang sehat di kalangan pelajar.

"Saya berharap akan lahir calon atlit pelajar dan bibit unggul olahragawan yang sangat dibutuhkan daerah dalam rangka mendukung penyamaian dan pengembangan prestasi olahraga di Kobar," ucapnya.

Pj Bupati Kotawaringin Barat ini pun memberikan apresiasi atas penyelenggaraan seleksi O2SN jenjang SD/MI dan SMP/MTs ini.

"Semoga melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk para pelajar untuk menyalurkan bakat-bakat olahraga yang potensial di kabupaten Kotawaringin Barat," ucapnya.

Dia mengungkapkan, penyelenggaraan olahraga merupakan amanah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005, dan pemerintah daerah berkewajiban memberikan pelayanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya kegiatan olahraga bagi setiap warga negara tanpa ada diskriminasi.

"Saya sangat mendukung penuh kegiatan tersebut sebagai upaya mendukung pembangunan olahraga di Kabupaten Kobar ini," katanya.

Lanjutnya, bagi para peserta yang berhasil meraih prestasi dalam seleksi O2SN tingkat kabupaten ini nantinya akan mewakili kabupaten Kobar dalam seleksi O2SN tingkat provinsi.

"Saya berharap para peserta dapat berkompetisi dengan semangat sportivitas yang tinggi serta menginspirasi teman-teman mereka untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan olahraga," kata Budi Santoso.
Baca juga: Jawa Timur raih juara umum O2SN
Baca juga: Empat kompetensi harus dikuasai generasi muda Indonesia
Baca juga: Sebanyak 1.939 siswa ikuti O2SN di Aceh dan Jateng


 

Pewarta: Rendhik Andika/Safitri RA
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023