Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Provinsi Kalimantan Tengah, dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten setempat berkolaborasi mewujudkan desa bersih narkoba (bersinar).

“Kami bersama BNNK melaksanakan sosialisasi pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN). Ini merupakan upaya kita dalam mewujudkan desa bersih narkoba di wilayah Kecamatan Arut Selatan," kata Kepala Kesbangpol Kobar Edie Faganti di Pangkalan Bun, Senin.

Sasaran sosialisasi P4GN itu sendiri mulai dari kalangan pelajar hingga para orang tua.

Dia mengatakan Pemkab Kobar sangat merespons perkembangan permasalahan narkoba, termasuk berbagai ancaman lain yang dapat menimbulkan kerawanan kejahatan dengan melakukan pengawasan pengendalian dan pencegahan pemberantasan dan peredaran gelap narkotika.

Edie menabahkan dalam penanganan peredaran narkoba di Kabupaten Kobar, pemerintah daerah maupun BNNK Kobar serta TNI-Polri berupaya menangani peredaran gelap, tapi masih ada narkoba beredar bebas.

"Semoga melalui sosialisasi ini, seluruh peserta dapat berperan aktif di tengah-tengah masyarakat agar dapat memberi informasi kepada masyarakat untuk tidak bersentuhan dengan narkoba dan segala jenisnya sehingga generasi muda dan pelajar yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat terhindar dari dampak negatif," ungkapnya.

Kepala BNNK Kotawaringin Barat Miga Nugroho menyampaikan bahwa pihaknya serius dan sistematis akan mendukung dan mendorong terwujudnya desa yang betul-betul bersih narkoba, baik dari aspek penurunan pemasokan dan penurunan permintaan.

"Kita mengawali dengan mengoptimalkan pencegahan, pemberdayaan masyarakat, rehabilitasi, dan pemberantasan di khususnya yang berlokasi desa/kelurahan, tentunya dalam ini sinergi antar-pemkab, BNNK, dan instansi terkait lainnya diperlukan," ucapnya.

Dia mengajak masyarakat untuk bersama-sama menghadiri narkoba, terutama generasi muda karena narkoba dapat merusak masa depan bangsa.

"Mari kita jaga generasi muda jangan sampai mereka menyentuh narkotika," ajaknya.

Miga mengatakan sosialisasi yang digagas Kesbangpol tersebut merupakan langkah awal dalam membekali peserta dalam rangka mewujudkan Desa Bersih Narkoba. Masyarakat lebih paham seluk-beluk narkoba, dampak buruk, dan ancaman-ancamannya.

"Dengan langkah awal melalui sosialisasi ini, semoga dapat membuka cakrawala berpikir wawasan dan gagasan ikut andil dalam memberantas narkoba bagi masyarakat di Kecamatan Arut Selatan," kata Miga.

 

Pewarta: Rendhik Andika/Safitri RA
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023