Riyadh (ANTARA News) - Arab Saudi pada Jumat (22/9) bergegas menarik sebuah buku pelajaran sekolah yang secara tidak sengaja memasukkan foto rekayasa yang memperlihatkan mantan penguasa Saudi duduk di sebelah karakter "Star Wars".

Foto hitam putih yang menunjukkan Raja Faisal, raja ketiga Arab Saudi, sedang menandatangani Piagam PBB pada 1945, dengan tokoh Yoda duduk di sebelahnya.

Foto tersebut dibuat oleh seniman Saudi Abdullah al-Shehri (26), yang terkenal suka menggabungkan ikon budaya pop dengan foto historis.

"Kementerian Pendidikan menyayangkan kesalahan tidak disengaja ini," kata Menteri Pendidikan Ahmed al-Eissa di Twitter, sebagaimana dilaporkan AFP.

Dia mengatakan kementerian sudah mulai menarik buku pelajaran itu dan mencetak versi yang benar, menambahkan bahwa sebuah komite hukum akan dibentuk untuk menentukan sumber kesalahan itu.

Al-Sheri mengatakan kepaa New York Times bahwa ia kaget mengetahui bahwa foto itu terpampang di buku sekolah.

Ia mengatakan, memasangkan foto sang raja dan Yoda karena keduanya tokoh yang pandai dan warna kulit Yoda dan light saber selaras dengan warna hijau pada bendera Saudi.(mu)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017