Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Arab Saudi melalui Saudi Tourism Authority (STA) atau Otoritas Pariwisata Arab Saudi memperkenalkan serangkaian inisiatif yang bertujuan untuk menjadikan negaranya sebagai destinasi yang aman, mudah diakses, dan menarik bagi semua wisatawan dari Indonesia.

"Arab Saudi yang dikenal sebagai tempat spiritual bagi para umat Muslim terutama untuk perjalanan Umrah, sekarang mengundang wisatawan Indonesia untuk menjelajahi budaya, sejarah, dan petualangan yang kaya di luar perjalanan keagamaan," kata President of Saudi Tourism Authority Alhasan Aldabbagh dalam acara 'Visit Indonesia, Beyond Umrah' yang diselenggarakan di Jakarta, Rabu.

Alhasan Aldabbagh menyampaikan bahwa sejak membuka pintu bagi wisatawan internasional pada tahun 2019, sektor pariwisata Arab Saudi telah mengalami pertumbuhan yang cepat dan dinamis di seluruh dunia menurut UNWTO.

Baca juga: Arab Saudi gelar pameran "VISIT SAUDI, BEYOND UMRAH" di Jakarta

Baca juga: 5 destinasi teratas Arab Saudi untuk masuk dalam daftar perjalanan


Dengan visi untuk pariwisata, Arab Saudi menyambut lebih dari 100 juta wisatawan pada tahun 2023, menandai tonggak penting dalam perjalanannya menjadi destinasi utama bagi para pelancong di seluruh dunia.

Di pasar Indonesia, terdapat peningkatan 36 persen dalam jumlah wisatawan Indonesia pada tahun 2023 dibandingkan dengan tahun 2022.

Oleh karena itu, Arab Saudi menetapkan target yang ambisius untuk tahun 2024, yaitu sebanyak 2,2 juta pengunjung dari wisatawan Indonesia.

Tahun ini, Otoritas Pariwisata Arab Saudi mengadakan serangkaian acara dengan Roadshow NUSUK, yakni platform digital terintegrasi resmi pertama Saudi yang menawarkan semua peziarah dan pengunjung sebuah perencanaan perjalanan yang mudah digunakan untuk perjalanan mereka ke Makkah dan Madinah, dan lebih jauh lagi.

"Roadshow ini berkolaborasi dengan mitra biro perjalanan di Indonesia, menjanjikan acara yang informatif bagi kedua belah pihak," ujarnya.

Adapun roadshow telah diadakan di Jakarta mulai 29 hingga 30 April 2024 dengan menghadirkan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Dr. Tawfiq bin Fawzan AlRabiah.

Selanjutnya, STA mengadakan pameran wisata "Visit Saudi, Beyond Umrah" yang menawarkan berbagai destinasi pariwisata Arab Saudi yang diselenggarakan di Mall Kota Kasablanka, Jakarta mulai tanggal 1 hingga 5 Mei 2024.

Ia menambahkan, pameran wisata ini memamerkan apa yang ditawarkan Arab Saudi untuk perjalanan spiritual, budaya, dan wisata, baik untuk Umrah maupun lebih dari itu.

"Di NUSUK Roadshow, para wisatawan Indonesia akan belajar lebih banyak tentang Saudi, menemukan warisan kaya dan keberagaman dari penawarannya," katanya.

Baca juga: Arab Saudi mempopulerkan daya tarik wisata negaranya ke Indonesia

Baca juga: STF bawa 100 perwakilan industri untuk berdayakan pariwisata Saudi

Baca juga: Rasakan keajaiban situs Warisan Dunia pertama di Arab Saudi

 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024