Jakarta (ANTARA News) - Aktor Dennis Adhiswara sejak beberapa tahun belakangan memilih berada di balik layar untuk membuat konten video, melalui pijakan video online setempat, Layaria.

Dennis memiliki pandangan unik mengenai profesinya sebagai pembuat film, yang ia sebut "memotong umur penonton saya", merujuk pada waktu yang dihabiskan penonton untuk menonton karyanya.

"Jadi film maker itu memotong umur penonton saya, misalnya 2 jam. 2 jam itu nggak akan bisa dikembalikan ke penonton saya," kata  Dennis saat ditemui di acara #SiBerkreasi di Jakarta, Senin.

"Saya tanggung jawab sama hidupnya penonton saya, pastikan saya nggak memotong hidup penonton saya sia-sia," kata dia.

Dennis bertekad ingin membuat konten video yang bermanfaat bagi penontonnya, paling tidak, setelah menonton karyanya mereka tertarik untuk mendiskusikan salah satu hal yang ada di film.

"Kalau saya bikin penonton saya lebih bodoh dari sebelumnya, dosa saya," kata laki-laki yang gemar berseloroh ini.

Selaku kreator video, ia mengajak para pembuat konten untuk secara sadar memikirkan dampak tayangan bagi penontonnya, tidak melulu soal berapa yang akan dihasilkan.

"Ayo dong, kalau buat konten, kita harus berpikir, harus sadar yang menonton akan terpengaruh. Bisa menempel di kepala dan mempengaruhi perilaku dia ke masyarakat," kata dia.

Dennis dan Layaria juga menjadi salah satu komunitas yang bergabung dalam Gerakan Nasional Literasi Digital #SiBerkreasi, yang mengajak masyarakat untuk aktif menyebarkan konten positif di dunia maya.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017