Sabtu, 21 Oktober 2017

Menkes dijadwalkan menghadiri Hari Penglihatan Sedunia di Kalbar

| 3.017 Views
Menkes dijadwalkan menghadiri Hari Penglihatan Sedunia di Kalbar
Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek (ANTARA /Wahdi Septiawan)
Pontianak (ANTARA News) - Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nila Djuwita Farid Moeloek akan menghadiri kegiatan Hari Penglihatan Sedunia (HPS) di Kalimantan Barat pada Kamis (12/10) mendatang.

"Ibu Menteri akan dijadwalkan datang Kalimantan Barat pada Kamis besok, dalam rangka hari penglihatan sedunia," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kalbar, Hary Agung Tjahyadi, Senin.

Pada kegiatan Hari Penglihatan Sedunia yang akan dilaksanakan di Kalbar tersebut, akan dilaksanakan beberapa kegiatan, diantaranya skrining mata yang akan dilakukan pada tujuh sekolah dasar Kota Pontianak.

"Kemudian skrining mata itu ditindaklanjuti dengan memberikan kacamata gratis kepada siswa yang membutuhkannya," tuturnya.

Untuk menyukseskan kegiatan itu, Dinas Kesehatan Kalbar dan Kementerian Kesehatan juga berkerja sama dengan Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia (Perdami), Ikatan Refraksi Optisi Indonesia (Iropin), Gabungan Pengusaha Optik Indonesia (Gapopin) dan Hellen Keller Indonesia (HKI).

"Selain itu, kita juga akan melakukan pembekalan untuk 30 kader khusus kaitannya dengan kesehatan mata. Kemudian 30 kader Pos kesehatan terpadu kaitannya dengan penyakit tidak menular," katanya.

Hary menambahkan, Hari Penglihatan Sedunia diperingati setiap tahun pada Kamis kedua di bulan Oktober sejak tahun 2013. Tujuannya adalah untuk memusatkan perhatian global terhadap kebutaan dan gangguan penglihatan.

"Besar harapan kita agar generasi muda kita dapat melihat dengan baik, karena mata merupakan salah satu bagian penting bagi hidup kita. Untuk itu, kita juga berharap agar setiap orang tua dapat memperhatikan kesehatan mata anak-anaknya," kata Hari.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga