Kualanamu, Sumut (ANTARA News) - Ruas jalan tol dari Bandara Kualanamu menuju Sei Rampah yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo akan diuji selama satu pekan mulai 14 Oktober 2017.

"Besok (Sabtu, 14/10) sudah mulai diujicobakan selama satu minggu," kata Sekretaris Perusahaan PT Jasa Marga M Agus Setiawan usai peresmian di Gerbang Tol Kualanamu, Deli Serdang, Sumut, Jumat.

Menurut dia, dalam uji coba selama satu minggu tersebut pengguna Jalan Tol Kualanamu-Sei Rampah tidak akan dipungut biaya sama sekali.

Uji coba tersebut merupakan bagian dari sosialisasi sehingga masyarakat semakin mengetahui kondisi ruas jalan bebas hambatan itu.

Dalam uji coba tersebut, pihaknya aka melengkapi berbaga sarana yang dibutuhkan, termasuk plank mengenai tarif yang harus dibayarkan pengguna jalan nantinya.

Setelah uji coba selama satu minggu, baru PT Jasa Marga memberlakukan tarif yang disepakati bersama seluruh pemangku kepentingan jalan tol.

"Diperkirakan, 19 Oktober nanti baru diberlakukan dengan tarif," katanya.

Agus Setiawan belum dapat menjelaskan secara pasti mengenai jumlah tarif yang harus dibayar pengguna jalan ketika melintas tol Kualanamu-Sei Rampah.

Namun pihaknya telah mengetahui adanya Keputusan Menteri (Kepmen) Perhubungan yang dikeluarkan pada 12 Oktober 2017 yang mengatur masa pemberlakuan dan jumlah tarif tersebut.

Dalam kepmen tersebut ditentukan operasionalnya tujuh hari setelah peresmian. "Sedangkan biayanya dikenakan Rp981 per km," katanya.

(I023/B015)

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017