Surabaja, 26 Oktober 1954 (Antara) - Dalam pertemuan untuk membitjarakan pembukaan Universitet Erlangga semalam dikediaman Gubernur Djawa Timur telah ditetapkan bahwa pembukaan itu akan dilakukan diaula Fakultet Kedokteran di Djl.Darmohusodo Surabaja pada tgl. 10 Nopember j.a.d bertepatan dengan Hari Pahlawan.

Universitet tersebut akan meliputi fakultet2 kedokteran, dokter gigi, paedagogie dan ekonomi; dan dengan demikian maka fakultet2 kedokteran dari Universitas Indonesia, fakultet hukum dari Universitet "Gadjah Mada" tjabang Surabaja dan fakultet ekonomi dari perguruan tinggi jang didirikan di Surabaja baru2 ini dilebur mendjadi satu pada Universitet Erlangga itu. 

Sebagai ketua dari universitet tersebut telah ditundjuk Prof. MR. Pringgodigdo jang pada tgl 8 Nopember j.a.d ditunggu kedatangannja dari penindjauannya ke Amerika dan Eropa.

Kabar lebih djauh menjatakan bahwa pembukaan Universitet tersebut akan dilakukan oleh Presiden Sukarno.

Tgl. 27 Oktober besok dikediaman gubernur akan diadakan pertemuan lagi untuk membentuk panitia penjelenggaraan upatjara pembukaan tersebut.
Dapat ditambahkan bahwa pertemuan itu antara lain dihadiri oleh Gubernur Djawa Timur, Walikota Surabaja, Residen Gondowardojo dan Sekretaris Djendral Kementerian P.P.K Hutasoit.

Djuga gedung Jajasan Kartini akan dibuka
Selandjutnya didapat kabar, bahwa pembukaan gedung Jajasan Kartini di Djl. Siak Surabaja jang sedianja akan di buka Tgl. 10 Nopember dimadjukan ketanggal 9 nopember dan pembukaannja akan dilakukan oleh Menteri Sosial Suroso.

Sumber: Pusat Data dan Riset ANTARA //pdra.antaranews.com/Twitter: @perpusANTARA
(kurasi : Mgg/Fadhilah Hussen)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2017