counter

Al-Houthi Yaman gempur bandara Arab Saudi

Al-Houthi Yaman gempur bandara Arab Saudi

Pendukung gerakan Houthi menghadiri aksi memperingati 4 tahun intervensi militer pimpinan Saudi pada peran Yaman, di Sanaa, Yaman, Selasa (26/3/2019). ANTARA FOTO/REUTERS/Khaled Abdullah/djo

Kairo (ANTARA) - Kelompok al-Houthi Yaman meluncurkan dua serangan drone (pesawat nirawak) ke Bandara Abha di  Arab Saudi selatan, menurut pengakuan juru bicara militer kelompok yang berafiliasi dengan Iran tersebut, Kamis (8/8).

Tidak ada konfirmasi langsung dari koalisi pimpinan Saudi, yang memerangi al-Houthi di Yaman.

Informasi di akun Twitter milik Al Masirah TV, yang mengutip juru bicara al-Houthi, Yahya Saria menyebutkan bahwa serangan Bandara Abha menargetkan menara pemantau dan sejumlah lokasi sangat penting lainnya. Stasiun televisi itu juga menambahkan bahwa lalu lintas udara terganggu.

Kelompok al-Houthi, yang menguasai Ibu Kota Yaman, Sanaa, beberapa bulan terakhir menggencarkan serangan mereka ke target-target di Arab Saudi. Sebagai balasan, koalisi telah menargetkan beberapa basis militer milik kelompok tersebut, terutama di sekitar Sanaa.

Peningkatan kekerasan mengancam kesepakatan yang disponsori oleh PBB soal gencatan senjata dan penarikan pasukan dari Hudaidah. Kota pantai itu telah menjadi pusat peperangan tahun lalu saat koalisi berupaya merebut pelabuhan kota tersebut, yang merupakan jalur utama pasokan kelompok al-Houthi sekaligus tempat yang menjadi gantungan hidup  bagi jutaan warga Yaman.

Sumber: Reuters

Baca juga: Serangan Houthi saat parade militer di Yaman tewaskan 30 orang

Baca juga: Koalisi pimpinan Arab Saudi cegat "drone" yang diluncurkan Al-Houthi

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Rizieq Shihab tidak ada masalah dengan Kerajaan Saudi Arabia

Komentar