Menhan AS kunjungi Korsel di tengah banyaknya tantangan kawasan

Menhan AS kunjungi Korsel di tengah banyaknya tantangan kawasan

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Mark Esper diberi hadiah seekor kuda di Ulan Bator, Mongolia, Kamis (8/8/2019). ANTARA FOTO/REUTERS/Idrees Ali/wsj.

Seoul (ANTARA) - Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Mark Esper, akan menemui pemimpin senior Korea Selatan pada Jumat, di tengah serentetan tantangan kawasan mulai dari ketegangan antara Seoul dan Tokyo hingga biaya yang harus dibayar Korsel untuk pasukan Amerika yang berada di negaranya.

Esper, yang melakukan kunjungan internasional pertama sejak dilantik, tiba di Korsel pada Kamis sore di tengah peningkatan pertikaian antara Seoul dan Tokyo. Keduanya merupakan sekutu AS.

Jika isu itu diangkat dalam pertemuannya di Seoul, Esper tampaknya akan menegaskan kembali bahwa dua negara tersebut seharusnya meredakan ketegangan dan berfokus pada tantangan yang dihadirkan oleh Korea Utara dan China.

Korsel menuturkan pihaknya sedang menjajaki semua opsi dalam sengketa dagang dengan Jepang, termasuk membatalkan pakta intelijen bersama.

Perjanjian kerja sama militer, General Security of Military Information Agreement (GSOMIA), memfasilitasi pertemuan intelijen tiga arah dengan Washington, yang berperan penting dalam menangkal ancaman rudal dan nuklir Korut. Perjanjian tersebut diperpanjang setiap 24 Agustus.

Esper tiba di Seoul sehari setelah Presiden Donald Trump mengatakan Korsel setuju "membayar lebih banyak" untuk menanggung biaya yang dibutuhkan dalam mendukung 28.500 pasukan AS di Korsel.

Pihaknya juga menuturkan pembicaraan soal isu tersebut sedang berjalan. Namun juru bicara Kementerian Luar Negeri Korsel menginformasikan kepada awak media pada Kamis bahwa perundingan itu belum dimulai.

Sumber: Reuters

Baca juga: AS lantik Mark Esper sebagai Menteri Pertahanan baru
Baca juga: China harap kepala Pentagon yang baru hindari permusuhan

 

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

MRT gandeng Seoul Korea untuk tingkatkan teknologi

Komentar