counter

"BUMN Hadir Untuk Negeri" siap kolaborasi FISIPOL UM Palangkaraya

"BUMN Hadir Untuk Negeri" siap kolaborasi FISIPOL UM Palangkaraya

Ilustrasi. Menteri BUMN Rini Soemarno sebagai penggagas program "BUMN Hadir Untuk Negeri". (Dokumentasi)

BUMN PT Garuda Indonesia secara khusus siap mengisi Program Kuliah Lapangan mahasiswa FISIPOL UMP dengan menyampaikan terkait dunia penerbangan dan kehadiran Negara dalam pengelolaannya.
Palangka Raya (ANTARA) - Program “BUMN Hadir Untuk Negeri” untuk operasional wilayah Provinsi Kalimantan Tengah menyatakan siap berkolaborasi dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (FISIPOL UMP) yang telah mendapat pengakuan Unggul dari Pemerintah dengan “Terakreditasi A”.

Kesiapan kolaborasi BUMN tersebut disampaikan sejumlah Manajemen BUMN Perwakilan Kalteng kepada ANTARA di sela-sela rapat berkala BHUN di Kantor PT Angkasapura selaku pengelola Bandara Tjilik Riwut.

General Manager PT Garuda Indonesia Airlines Palangka Raya, Fazrin, Jumat (9/8) menyatakan segera merancang bersama kegiatan yang dapat memberikan efek bagi penambahan wawasan kalangan mahasiswa.

“Garuda siap masuk kampus UM Palangkaraya, segera kita wujudkan itu,” ucap manajemen maskapai penerbangan terbesar di Indonesia dan ternama di dunia itu.

BUMN PT Garuda Indonesia secara khusus siap mengisi Program Kuliah Lapangan mahasiswa FISIPOL UMP dengan menyampaikan terkait dunia penerbangan dan kehadiran Negara dalam pengelolaannya.

Baca juga: BUMN untuk negeri pilih 20 pelajar Jambi jadi peserta SMN 2019 ke NTT

Sementara Kabid Pemasaran PT Askrindo Perwakilan Palangka Raya, Dika menyampaikan selamat atas raihan prestasi Terakreditasi A atau Unggul FISIPOL UMP yang semakin membuka peluang bagi banyak interaksi dengan berbagai pihak termasuk Program BHUN.

“Askrindo segera masuk kampus UM Palangkaraya. Banyak hal yang bisa kita garap bersama dengan masyarakat kampus yang sejalan dengan ‘BUMN Hadir Untuk Negeri’ yang terus dikonkritkan melalui berbagai aktivitas,” ucapnya.

Wakil Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UMP Said Azmi menyambut gembira kesediaan jajaran manajemen BUMN di Tanah Air untuk berkolaborasi dengan kampus UMP.

Mahasiswa dari berbagai fakultas dan prodi di lingkungan UMP tentu akan banyak mendapat manfaat untuk penambahan wawasan dan “share empirical” yaitu berbagai pengalaman bagaimana pengelolaan sektor melalui penugasan pada sejumlah perusahaan Negara.

“Bahwa pengelolaan sektor publik dengan penugasan khusus kepada BUMN diakui lebih efektif dan bisa langsung dirasakan masyarakat Indonesia. Tapi di sisi lain ada beberapa sektor yang terkesan masih memberatkan warga pada umumnya,” ucap Said Azmi yang juga mahasiswa FISIPOL UMP dari Prodi Ilmu Administrasi Negara.

Ketua Prodi Administrasi Negara FISIPOL UMP, Irwani,S.Sos,M.AP menyatakan segera menyusun agenda pelibatan para pihak untuk berkolaborasi dengan kalangan mahasiswa dalam pelaksanaan kuliah lapangan, termasuk dengan Program BUMN Hadir Untuk Negeri.

Baca juga: Pelajar Jambi ikuti seleksi Siswa Mengenal Nusantara 2019

"Kita terus perluas mitra untuk penguatan kuliah lapangan mahasiswa FISIPOL UMP dari yang sudah berjalan dalam dua semester," ucap Irwani.

Program BHUN merupakan wujud dari BUMN turut hadir sebagai bagian dari pembangunan Indonesia baik secara langsung melalui keterlibatan dalam proyek-proyek strategis nasional maupun secara tidak langsung melalui kontribusi penerimaan negara seperti setoran dividen, setoran pajak maupun melalui Penerimaan Bukan Pajak Lainnya yang jumlahnya setiap tahun terus meningkat.

Selain itu dalam setiap aksinya, BUMN juga turut membangun kesejahteraan masyarakat kecil dan menengah melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

Khusus PKBL, BUMN ditugaskan secara khusus untuk turut membangun pertumbuhan ekonomi masyarakat menengah ke bawah baik melalui pendanaan, pelatihan-pelatihan dan pemasaran produk mitra binaan.

Melalui PKBL, BUMN juga membantu menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan masyarakat antara lain jalan, jembatan, sarana pendidikan, sarana ibadah dan sejenisnya.

BUMN juga hadir secara khusus melalui program yang diberi nama “BUMN Hadir untuk Negeri” antara lain berisi Program Direksi Mengajar, Program Renovasi Rumah Veteran, Siswa Mengenal Nusantara dan Rumah Kreatif BUMN serta Posko Tanggap Bencana.

Baca juga: Warga Gorontalo apresiasi bantuan renovasi rumah BUMN
Baca juga: Bank Mandiri Gorontalo bedah rumah warga kurang mampu


Pewarta: Muhammad Yusuf
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar