counter

MotoGP

Dovizioso salip Marquez di tikungan terakhir untuk juarai GP Austria

Dovizioso salip Marquez di tikungan terakhir untuk juarai GP Austria

Marc Marquez (Repsol Honda) dan Andrea Dovizioso (Ducati) menjalani balapan GP Austria, Red Bull Ring, Spielberg, Minggu (11/8/2019). ANTARA/REUTERS/Lisi Niesner/aa.

Jakarta (ANTARA) - Andrea Dovizioso melanjutkan dominasi Ducati di Red Bull Ring, Spielberg, dengan menjuarai GP Austria, Minggu, setelah mengulangi duel klasik dengan Marc Marquez (Repsol Honda).

Pebalap asal Italia itu merengkuh kemenangannya di tikungan terakhir jelang finis untuk melintasi garis finis 0,213 detik di depan Marquez, demikian laman resmi MotoGP.

Kemenangan ini merupakan kali kedua Dovi juara di Austria setelah 2017 dan memperpanjang dominasi Ducati yang selalu menang di Red Bull Ring sejak sirkuit itu kembali ke kalender MotoGP pada 2016.

Dengan hasil itu, Dovi mendekatkan jaraknya menjadi 58 poin dari Marquez yang masih kokoh di puncak klasemen dengan 230 poin

Pebalap rookie asal Prancis Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) finis ketiga 6,117 detik kemudian untuk naik podium ketiga kalinya musim ini.

Balapan berlangsung ketat dari start ketika Dovi, yang start dari P3, langsung melesat setelah tikungan pertama untuk memimpin lomba namun melebar bersama Marquez di tikungan selanjutnya hingga Fabio Quartararo dan Alex Rins melesat di depan.

Dovi kembali ke depan untuk membuntuti pebalap tim satelit Yamaha itu di lap kedua sementara Marquez tertahan di P4 di belakang Jack Miller (Pramac Ducati).

Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) melakoni start yang baik dan naik lima peringkat ke P5 untuk mengancam posisi Marquez.

Marquez kemudian mendapatkan celah untuk menyalip Miller di lap ke-empat.

Di lap ke-6, Quartararo harus mengakui keunggulan tenaga mesin Desmosedici dan kehilangan posisinya di lintasan lurus. Tak lama kemudian, Marquez juga menyalip pebalap asal Prancis itu untuk menguntit Dovi di P2.

Miller terjatuh di Tikungan 9 di akhir lap ke-8 ketika berada di P4.

Kemudian Marquez menyalip Dovi di lap ke-9 dan menjaga jarak sekitar 0,2 detik di depan pebalap asal Italia itu hingga lap ke-20 sebelum Dovi memanfaatkan surplus tenaga kuda motornya di lintasan lurus utama untuk kembali memimpin lomba.

Posisi Quartararo di P3 tak terancam ketika Rossi, Vinales dan Alex Rins (Suzuki Ecstar), yang berjarak dua detik di belakangnya, bersaing ketat untuk memperebutkan peringkat empat.

Di tiga lap terakhir, Marquez melancarkan serangannya dan terlibat salip-menyalip dengan rivalnya.

Dovi yang lebih cepat di sektor ketiga dan keempat mengambil kesempatan di lintasan lurus utama, namun Marquez lebih gesit di tikungan pertama dan memimpin lap terakhir.

Lap ke-28 menjadi kesempatan terakhir Dovi dan tak lama setelah itu di tikungan terakhir Dovi memiliki celah untuk menyalip Marquez hingga melintas garis finis pertama kali.

Rossi dan Vinales berturut-turut finis P4 dan P5 di depan Rins.

Sementara Francesco Bagnaia (Pramac Ducati) finis P7 di depan Miguel Oliviera (Red Bull KTM Tech 3).

Danilo Petruci (Ducati) harus puas finis P9 diikuti oleh Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) di posisi 10 besar.

Baca juga: Dovizioso tercepat di FP1 GP Austria

Baca juga: Siapa mampu patahkan dominasi Ducati di GP Austria?

Penerjemah: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pengamanan khusus untuk pembangunan sirkuit MotoGP

Komentar