counter

Peserta SMN Kalteng sebut belajar ngevlog itu asyik

Peserta SMN Kalteng sebut belajar ngevlog itu asyik

Salah seorang peserta SMN Kalteng saat mencoba membuat vlog saat pelatihan jurnalistik di Palangka Raya, Selasa, (13/8/2019). (FOTO ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Para peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Provinsi Kalimantan Tengah, sangat antusias mengikuti pengenalan dan pelatihan jurnalistik, khususnya membuat blog video atau yang biasa disebut vlog.

"Belajar membuat vlog atau ngevlog itu asik, seru dan menarik," kata Dorianti Silvana salah seorang peserta yang berasal dari SMA Negeri 6 Palangka Raya, usai mengikuti pelatihan jurnalistik bersama Kantor Berita Antara di Palangka Raya, Selasa.

Vlog adalah suatu bentuk kegiatan blogging dengan menggunakan medium video di atas sumber media utamanya yakni penggunaan teks atau audio. Ngevlog biasa dilakukan dengan menggunakan ponsel berkamera maupun kamera.

Dorianti menyebut, kegiatan itu sangatlah positif karena melatih kepercayaan diri mereka untuk menyampaikan berbagai informasi kepada publik, dengan cara yang menarik. Baik informasi tentang potensi suatu daerah, maupun hal lainnya yang memiliki manfaat.

"Sebelumnya saya belum pernah ngevlog. Namun setelah ini saya akan mulai belajar membuatnya, khususnya selama kegiatan SMN berlangsung," tuturnya.

Fatra Jaya salah seorang peserta lainnya mengungkapkan hal serupa, bahwa dirinya memiliki keinginan yang kuat untuk belajar membuat vlog. Melalui vlog yang ia buat nantinya, diharapkan berbagai ide maupun gagasan yang dimiliki, bisa tersampaikan kepada publik.

"Awalnya saya merasa ngevlog itu sulit, apalagi jika berbicara tentang peralatan yang dibutuhkan. Namun setelah kegiatan ini, saya akan mulai mencoba membuatnya," jelasnya.
Suasana pelatihan jurnalistik yang diikuti oleh peserta SMN Kalteng di Palangka Raya, Selasa, (13/8/2019). (FOTO ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)
Peserta SMN Kalteng 2019, akan dikirim ke Provinsi Sumatera Selatan untuk mengenal keanekaragaman budaya maupun kekayaan alam yang ada di wilayah setempat. Salah satu yang harus mereka lakukan, yakni mendokumentasikan kegiatannya, dalam sebuah vlog.

Jaya Wirawana Manurung salah seorang pemateri menjelaskan, saat ini ngevlog merupakan salah satu aktivitas yang banyak dilakukan oleh masyarakat, baik oleh mereka dari kalangan usia dewasa, hingga anak-anak.

"Melalui pelatihan ini, kami mendorong agar peserta SMN bisa membuat vlog yang lebih bagus dan tentunya berkualitas, disertai ilmu jurnalistik yang bisa mereka terapkan," tegasnya.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh PT Angkasa Pura II dan Garuda Indonesia selaku penanggung jawab SMN tahun 2019 Kalteng, sebagai salah satu rangkaian dalam kegiatan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hadir untuk negeri.

Pewarta: Kasriadi/Muhammad Arif Hidayat
Editor: Jaka Sugiyanta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar