counter

Siswa Mengenal Nusantara bakal promosikan potensi wisata Malang Raya

Siswa Mengenal Nusantara bakal promosikan potensi wisata Malang Raya

Ilustrasi - Gunung Bromo. (Vicki Febrianto)

Ada pengenalan potensi wisata dari Malang Raya. Itu nanti akan mereka perkenalkan ke teman-teman mereka di Gorontalo, untuk memperkenalkan Indonesia
Kota Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Provinsi Gorontalo akan mempromosikan potensi wisata dari wilayah Jawa Timur, khususnya Malang Raya yang merupakan gabungan dari Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu.

Ketua Rombongan SMN Provinsi Gorontalo, Moch Zein Mooduto mengatakan bahwa para peserta SMN saat berada di Kota Malang, nantinya juga akan diberikan kesempatan untuk menikmati potensi wisata yang ada di Malang Raya.

"Ada pengenalan potensi wisata dari Malang Raya. Itu nanti akan mereka perkenalkan ke teman-teman mereka di Gorontalo, untuk memperkenalkan Indonesia," kata Zein di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu.

Baca juga: Beroperasinya Tol Pandaan-Malang dongkrak wisata kuliner Kota Malang

Zein menambahkan para peserta SMN asal Provinsi Gorontalo yang berjumlah 27 orang tersebut, akan diajak untuk mengunjungi destinasi wisata unggulan di Kota Batu, Jawa Timur. Selain itu, para peserta juga akan diajak untuk menikmati keindahan Gunung Bromo.

Menurut Zein, selain menikmati keindahan potensi wisata di wilayah Malang Raya, 27 siswa asal Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), termasuk tiga anak dari Sekolah Luar Biasa (SLB), akan diperkenalkan oleh budaya setempat.

"Kota Batu dan Gunung Bromo akan kita perkenalkan sebagai destinasi wisata, termasuk budaya masyarakat setempat, inilah Indonesia yang memiliki berbagai macam budaya," ujar Zein.

Baca juga: Peserta siswa mengenal nusantara dibekali niai-nilai kebangsaan

Dalam kesempatan tersebut, salah satu siswi yang mengikuti program Siswa Mengenal Indonesia asal SMK Negeri 1 Marina Provinsi Gorontalo, Putri Diva Amriyani mengatakan bahwa sejauh ini, dirinya bersama anak-anak lain telah mendapatkan pengalaman yang cukup banyak.

Menurut Putri, dengan berbagai program yang dijalaninya sejak beberapa waktu lalu tersebut, memberikan tantangan kepada dirinya untuk lebih mengenal Indonesia. Nantinya, dia akan menceritakan semua pengalaman yang didapat selama berada di Jawa Timur.

Baca juga: Peserta SMN Jatim tampilkan drama Ande-Ande Lumut di Gorontalo

"Saya semakin tertantang untuk mengenal Nusantara. Nantinya, diharapkan saya dan teman-teman bisa mencintai budaya yang ada di sekitar kami, maupun budaya yang ada di Nusantara," ujar Putri.

Para pelajar tersebut akan menghabiskan waktu selama dua hari di wilayah Malang Raya. Kemudian, perjalanan akan dilanjutkan ke Madiun untuk mengunjungi PT Industri Kereta Api (INKA) guna menunjukkan potensi sumber daya manusia Indonesia.

Setelah itu, akan dilanjutkan dengan kunjungan ke Ponorogo, untuk diperkenalkan dengan wisata budaya setempat.

Baca juga: Peserta Siswa Mengenal Nusantara Jatim tiba di Gorontalo

 

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Tanam mangrove untuk jaga kawasan pesisir pantai

Komentar