counter

Sepak Bola Nasional

Osas Saha berjanji tampil maksimal di timnas Indonesia

Osas Saha berjanji tampil maksimal di timnas Indonesia

Pesepak bola Tira Persikabo Osas Saha (kiri) menguasai bola di bayangi pesepak bola Persija Jakarta Rezaldi Hehanusa (kanan) dalam laga Liga 1 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Selasa (16/7/2019). Pada babak pertama Tira Persikabo unggul dengan skor 3-2. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/ama.

Jakarta (ANTARA) - Penyerang naturalisasi Osas Saha berjanji tampil maksimal selama berseragam tim nasional Indonesia baik ketika berlatih maupun bertanding demi memberikan prestasi kepada Merah Putih.

"Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk kemenangan timnas Indonesia, untuk kemenangan negara saya. Tugas saya adalah memberikan yang terbaik untuk negara ini," ujar Osas kepada pewarta di Jakarta, Rabu.

Pesepak bola bernama lengkap Osas Marvelous Ikpefua itu sangat bersyukur bisa dipanggil ke skuat timnas Indonesia untuk pertama kalinya setelah dinaturalisasi menjadi WNI pada tahun 2018.

Karena itu, pria berusia 32 tahun tersebut bertekad untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan. Selain siap bekerja keras, dia juga berjanji mematuhi semua perintah dari pelatih timnas Indonesia Simon McMenemy.

"Saya akan menjalankan apa yang diinginkan pelatih," tutur Osas.

Osas Saha menjadi salah satu dari 24 nama yang dipanggil untuk memperkuat tim nasional Indonesia di pemusatan latihan (TC) mulai 21 Agustus 2019 di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, sebagai persiapan menuju Kualifikasi zona Asia Piala Dunia 2022.

Baca juga: Osas Saha pamer tinta biru tanda sudah mencoblos

Baca juga: Enam pemain naturalisasi perkuat timnas Indonesia TC kualifikasi PD


Selain Osas, ada lima pemain naturalisasi lain yang memperkuat skuat Garuda yakni Alberto 'Beto' Goncalves, Greg Nwokolo, Stefano Lilipaly, Victor Igbonefo dan Otavio Dutra.

Dari nama-nama itu, hanya Osas dan Otavio yang belum pernah memperkuat timnas Indonesia sejak dinaturalisasi.

Timnas Indonesia sendiri berada di Grup G Kualifikasi zona Asia Piala Dunia bersama Malaysia, Vietnam, Thailand dan Uni Emirat Arab (UAE).

Ujian pertama Indonesia adalah menghadapi Malaysia pada Kamis (5/9) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Tentang hangatnya rivalitas Indonesia dan Malaysia, Osas enggan berkomentar. Yang jelas, dia yakin Indonesia dapat mengalahkan tim Harimau Malaya tersebut.

"Tidak ada yang mustahil dalam sepak bola. Karena itu, tak mustahil pula bagi Indonesia untuk mengalahkan tim mana pun," kata pemain klub Liga 1 Indonesia Tira Persikabo itu.

Sementara terkait kesempatan bermain, Osas menyerahkan semuanya kepada sang pelatih Simon McMenemy. Di posisi Osas Saha, Simon memanggil dua nama lain yakni Ferdinand Sinaga dan Alberto 'Beto' Goncalves.

"Bagi saya, tidak ada persaingan dengan Beto dan Ferdinand karwna kami sama-sama memiliki misi memberikan prestasi untuk timnas Indonesia. Adalah kewenangan pelatih untuk menentukan siapa yang bermain karena dia yang tahu kebutuhan tim," tutur dia.

12 pemuda Bandung siap berjuang di kejuaraan HWC 2019

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar