counter

Peserta SMN Sulsel kunjungi wisata Pantai Hamadi Jayapura

Peserta SMN Sulsel kunjungi wisata Pantai Hamadi Jayapura

Para peserta SMN 2019 asal Sulsel sedang bermain di destinasi wisata Pantai Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (17/8) siang. (ANTARA News Papua / Alfian Rumagit)

Jayapura (ANTARA) - Para peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (17/8) mengunjungi destinasi wisata Pantai Hamadi, usai meninjau lokasi pembangunan Jembatan Youtefa atau Holtekam yang akan menjadi jembatan fenomenal dan ikon baru bagi warga Kota Jayapura, Provinsi Papua, Sabtu.

Lokasi wisata Pantai Hamadi terletak searah dengan Jembatan Youtefa, di Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura dengan panjang bibir pantai kira-kira 5-7 kilometer.

Disini, para peserta melepas lelah dan penat dengan sejumlah permainan yang diarahkan oleh guru pendamping dan beberapa karyawan dari BRI Jayapura, kemudian dilanjutkan dengan santap bakso bersama.

Usai kegiatan itu, para peserta SMN asal Sulsel bertanding bola voli di bibir pantai yang biasanya dijadikan venue Festival Teluk Humboldt oleh Pemerintah Kota Jayapura setiap awal Agustus.

Iklima peserta SMN 2019 dari SMA Negeri 3 Selayar, Kabupaten Selayar menilai Pantai Hamadi sangat indah karena ada pulau didepannya, kemudian terdapat batu-batu pembatas atas air laut.

"Permainan hari ini betul-betul menguji kekompakkan dan sangat menyenangkan," kata anak bungsu dari empat bersaudara ini.

Nur Wahidah M Rum dari SMAN 2 Enrekang, Kabupaten Enrekang menilai permainan yang disuguhkan itu membangkitkan semangat dan rasa persaudaraan serta persatuan antarsesama peserta SMN 2019.

"Apalagi kita bermain dan santap bakso di Pantai Hamadi, masya Allah bagusnya...," katanya.

Sebelumnya, peserta SMN 2019 asal Sulsel, ikuti upacara HUT ke 74 Kemerdekaan RI bersama karyawan BRI Jayapura dengan menggunakan pakaian sekolah putih abu-abu, lalu mengikuti jalan sehat menelusuri Kota Jayapura, ibu kota Provinsi Papua.

Setelah meninjau dan mengunjungi jembatan fenomenal Kota Jayapura, para peserta dijadwalkan ke Distrik Abepura tepatnya ke Museum Antropologi yang dikelola oleh Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura.

Kemudian pada malam harinya, sebelumn dilanjutkan dengan perkenalan dan pelatihan kebudayaan Papua, para peserta SMN 2019 asal Sulsel akan bertatap muka dengan Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano.

Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan momentum pertukaran pelajar antarprovinsi yang difasilitasi oleh perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sebagai bagian dari rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN).

Tahun ini di Provinsi Papua, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai BUMN PIC (koordinator) program SMN.

Siswa-siswi peserta SMN dari Papua dikirim ke Makassar, Sulawesi Selatan, dan peserta SMN Sulawesi Selatan ke Jayapura, Provinsi Papua. Kegiatan SMN 2019 akan berlangsung hingga 23 Agustus mendatang.
Baca juga: Peserta SMN asal Sulsel tinjau jembatan fenomenal Jayapura
Baca juga: Peserta SMN Sulsel ikut upacara HUT RI di Papua
Baca juga: Peserta SMN Sulsel kunjungi Kampung Nelayan di Papua

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Siswa SMN Sultra sekolah di SD Muhamadiyah Gantong

Komentar