counter

IHSG menguat seiring hubungan AS-China membaik

IHSG menguat seiring hubungan AS-China membaik

Pegawai melintas di depan layar pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. ANTARA/Indrianto Eko Suwarso/pd.

Bahkan Trump meyakini ekonomi AS akan semakin maju setelah kesepakatan dengan China tercapai
Jakarta (ANTARA) - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa dibuka menguat 15,19 poin seiring munculnya sentimen positif eksternal mengenai hubungan Amerika Serikat dan China yang membaik.

IHSG dibuka menguat 15,19 poin atau 0,24 persen menjadi 6.311,90. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak naik 3,67 poin atau 0,37 persen menjadi 987,80.

"Pemerintah Amerika Serikat yang menyetujui untuk memperpanjang izin Huawei Technologies Co Ltd bekerja sama dengan perusahaan AS, menjadi salah satu katalis positif bagi bursa Asia, termasuk IHSG hari ini," kata Kepala Riset Valbury Sekuritas Alfiansyah di Jakarta, Selasa.

Baca juga: IHSG ditutup menguat, dipicu harapan positif perundingan perang dagang

Kabar lainnya, ia menambahkan, Presiden AS Donald Trump yang menyatakan hubungan negaranya dengan China dalam keadaan baik-baik turut menjadi katalis positif bagi pasar saham.

"Bahkan menurut Trump, keduanya sedang melakukan pembicaraan produktif. Bahkan Trump meyakini ekonomi AS akan semakin maju setelah kesepakatan dengan China tercapai," katanya.

Di sisi lain, lanjut dia, sentimen positif dari dalam negeri turut mempengaruhi psikologis investor. Pemerintah akan terus memperkuat daya beli masyarakat, dimana konsumen masih tetap menjadi andalan pertumbuhan ekonomi.

"Faktor-faktor tersebut bisa mendukung penguatan IHSG pada Selasa ini," katanya.

Direktur Indosurya Bersinar Sekuritas, William Surya Wijaya menambahkan secara teknikal IHSG saat ini masih terlihat mencari posisi "support" sebagai acuan untuk membuat gerakan naik dan dan menembus level "resistance" terdekat.

"Diperkirakan IHSG akan bergerak di kisaran level 6.123-6.372 poin. Jika terjadi koreksi, itu merupakan hal wajar dan dapat dijadikan peluang untuk melakukan akumulasi pembelian, mengingat dalam jangka panjang IHSG masih berada dalam tren kenaikan," katanya.

Sementara itu, bursa regional antara lain indeks Nikkei menguat 70,75 poin (0,34 persen) ke 20.633,91, indeks Hang Seng melemah 40,82 poin (0,16 persen) ke 26.251,02, dan indeks Straits Times menguat 6,14 poin (0,20 persen) menjadi 3.134,59.

Baca juga: IHSG dibuka menguat 15,19 poin
Baca juga: IHSG menguat seiring optimisme investor terhadap ekonomi nasional

 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden Tutup IHSG Tertinggi Dalam Sejarah

Komentar