counter

Peserta Sespimti Polri mengunjungi Kantor Imigrasi Manado

Peserta Sespimti Polri mengunjungi Kantor Imigrasi Manado

Kunjungan Peserta Sespimti di Kantor Imigrasi Manado. (ANTARA)

Manado (ANTARA) - Peserta Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (Sespimti) Polri Dikreg ke-28 TA 2019 melakukan kunjungan ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado, Selasa, dalam rangka Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN).

Kedatangan rombongan dipimpin Widyaiswara Utama Sespimti Polri Kombes Eko Wahyu P SH disambut Kepala Kantor Imigrasi Manado Friece Sumolang didampingi sejumlah pejabat utama Imigrasi Manado.

Pimpinan rombongan Sespimti Kombes Pol Eko Wahyu mengatakan Sespimti dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan manajerial dan kepemimpinan tingkat tinggi yang unggul dan berinteraksi di era demokrasi dan globalisasi.

"Para peserta harus dapat mempromosikan keamanan dalam negeri dalam rangka mendukung pembangunan nasional," katanya.
Baca juga: Wapres minta polisi perbaiki peran jaga "vicous cycle" pemerintahan

Ia mengatakan kunjungan ini memotivasi peserta agar meningkatkan kemampuan interaksi sosial dan dialogis saat menghadapi masalah.

Hal ini juga akan memudahkan sebagai sarana untuk membina sinergi antara Ditjen Imigrasi dan Polri.

"Terdapat beberapa tujuan kegiatan antara lain untuk melatih peserta didik Sespimti dalam mengetahui dan memahami sampai sejauh mana pelaksanaan penjabaran satuan kewilayahan dalam mendukung terwujud Renstra Polri 2015-2019. Khususnya kebijakan Polri dalam rangka pembangun sinergi polisional interdepartemen, lembaga internasional, lembaga atau instansi terkait lainnya dan komponen masyarakat (partnership building) serta apa saja peluang dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaanya," katanya.

Kepala Kantor Imigrasi Manado Friece Sumolang pada saat itu menjelaskan secara komprehensif mengenai struktur organisasi, tugas dan fungsi Kantor Imigrasi Manado khususnya dalam hal pengawasan orang asing dan wilayah perbatasan serta pelayanan publik.
Baca juga: Sespimti Polri di China angkat isu Natuna

Peserta diberi informasi bagaimana jajaran imigrasi Sulut menjaga kedaulatan negara melalui pemeriksaan di Tempat Pemeriksaan Imigrasi dan Pos Lintas Batas yang ada di Miangas.

Dalam menjalankan fungsi pengawasan, Imigrasi sebagai leading sector membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) yang terdiri dari beberapa instansi daerah maupun vertikal yang bersama-sama mengawasi keberadaan dan kegiatan orang asing.

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar