counter

Warga Jember antusias sambut kedatangan peserta Tour d'Indonesia

Warga Jember antusias sambut kedatangan peserta Tour d'Indonesia

Marcus Culey dari Team Sapura Cycling (Malaysia) menjadi peserta yang pertama masuk finish di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu (21/8) sore. (Zumrotun Solichah)

Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Masyarakat Kabupaten Jember sangat antusias menyambut kedatangan puluhan peserta balap sepeda Tour d'Indonesia 2019 yang melintas di sepanjang rute yang dilalui hingga memasuki finis di Jalan Sultan Agung Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu sore.

"Saya melihat masyarakat cukup antusias menunggu kedatangan para peserta balap sepeda di Jember, bahkan di sepanjang rute yang dilalui peserta Tour d'Indonesia padat dengan penonton," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Jember Arismaya Parahita yang menyambut kedatangan peserta di garis finis di Jember.

Menurutnya, Pemkab Jember merasa bangga dan senang bisa menjadi tuan rumah untuk finis bagi kejuaraan balap sepeda internasional itu, bahkan puluhan peserta beserta ofisialnya dari berbagai negara bermalam di Kabupaten Jember.

"Ada sekitar 300 orang tamu, baik ofisial maupun peserta yang datang ke Jember dalam kejuaraan balap sepeda Tour d'Indonesia itu. Kami merasa bangga," tuturnya.

Pemerintah Kabupaten Jember, lanjutnya, mengupayakan dukungan kepada para ofisial dan peserta untuk melepas lelah di Jember dengan memberikan sambutan yang meriah di Kota Pandhalungan tersebut.

"Salah satu dukungan itu dengan menggelar gala dinner di pendapa Wahyawibawagraha malam ini, harapannya mereka senang berkunjung ke Jember dan menjadi ajang promosi produk lokal dan wisata Jember," katanya.

Arismaya berharap kedatangan puluhan peserta balap sepeda dari berbagai negara tersebut dapat menjadi motivasi bagi atlet balap sepeda Jember untuk terus semangat memacu prestasi sekaligus memasyarakatkan olahraga sepeda angin tersebut.

"Mudah-mudahan pada Tour d'Indonesia berikutnya Jember tetap dilewati, sehingga kami akan mengemas kegiatan penyambutan lebih baik dan berharap ada coaching clinic untuk saling berbagi pengalaman kepada atlet balap sepeda Jember," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang warga dari Kabupaten Bondowoso, Wiranto mengaku jauh-jauh datang ke Jember hanya untuk bisa melihat para pebalap sepeda internasional itu dari dekat.

"Saya sangat antusias ingin melihat atlet balap sepeda yang ikut Tour d'Indonesia. Oleh karena itu, sejak pagi berangkat dari Bondowoso menuju ke Jember," katanya.

Etape tiga Tour d'Indonesia 2019 merupakan etape terjauh yang ditempuh para pebalap dari lima etape karena para peserta menempuh jarak 193 kilometer dari start di Kota Batu hingga alun-alun Kabupaten Jember.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ajang balap sepeda dan promosi wisata Indonesia

Komentar