Makassar (ANTARA) - Program XL Axiata Youth Leadership Camp (XYLC) 2019 bekerjasama dengan Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kementerian Pendidikan (Kemendikbud) akan menggelar pelatihan di enam kota berbeda di Tanah Air pada Agustus-Oktober.

"Kegiatan ini sudah beberapa tahun kita gelar dan tahun ini akan dilaksanakan di tiga kota berbeda," ujar Head of Sales XL Axiata area Sulsel dan Sultra, Mozes Haryanto Baottong di Makassar, Jumat.

Ia mengatakan program pengembangan kepemimpinan dan karakter menghadapi revolusi industri 4.0 itu digelar di Medan (Sumatera Utara), Surabaya (Jawa Timur) dan Yogyakarta setelah sukses di Jakarta, Semarang (Jawa Tengah) dan Makassar (Sulawesi Selatan).

Baca juga: Youth Town Hall di Untan kenalkan dinamika ekonomi digital

Mozes mengatakan untuk peserta di tiga kota Medan, Surabaya dan Yogyakarta masih terbuka peluang untuk ikut serta dalam program XYLC. Namun, tidak untuk Jakarta, Semarang dan Makassar karena kegiatan sudah berlangsung.

Dia menyatakan XYLC terbuka untuk sekolah-sekolah dari kota atau kabupaten terdekat dengan lokasi XYLC karena kuota peserta yang terbatas hanya 100 peserta per lokasi.

"Panitia memprioritaskan peserta yang menjadi pengurus organisasi siswa di sekolah (OSIS, MPK, Pramuka, dan lainnya). Diharapkan program ini terus mendapat dukungan dari sekolah yang pernah menerima manfaat," katanya.

Baca juga: XL Axiata uji coba teknologi 5G dan gencarkan fiberisasi jaringan

Ia menyebutkan program XYLC sesuai dengan rumusan World Economic Forum (WEF) mengenai kemampuan atau soft skills yang perlu dimiliki oleh semua orang saat ini, antara lain kemampuan menyelesaikan permasalahan, berpikir kritis, kolaborasi dan koordinasi, komunikasi, serta kemampuan kognitif yang baik.

Menurut Mozes tujuan utama diadakannya XYLC ini adalah untuk menciptakan generasi muda dengan kualitas daya saing tinggi yang adaptif terhadap perubahan, sesuai dengan tuntutan era revolusi industri 4.0.

"Untuk itu, XL Axiata telah menyiapkan serangkaian topik pelatihan yang sesuai, yaitu Berpikir Kristis dan Kreatif, Public Speaking, Digital Collaboration, Media Sosial yang Menginspirasi, Pemecahan Masalah, Emotional Intelligence, dan Kepemimpinan," terangnya.

Baca juga: Pemerintah dorong operator telekomunikasi uji coba 5G

Secara teknis, lanjut dia, para peserta pun akan langsung dibimbing oleh pembicara yang merupakan karyawan XL Axiata dengan expertise yang sudah teruji. Mendapatkan mentoring berkelanjutan dari para mahasiswa peserta XL Future Leaders, dan tentunya akan mendapatkan e-sertifikat dari XL Axiata.
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019