Serang,  (ANTARA News) - Zulkieflimansyah anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menilai selama tahun 2004-2009 kinerja Dewan Perwakilan Daerah (DPD) belum optimal, sehingga ke depan diharapkan tugas fungsinya lebih jelas untuk mewakili daerah.

"Selama ini, kinerja DPD kalah bersaing dengan DPR," kata Zulkieflimansyah anggota DPR-RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Serang, Minggu.

Dia mengatakan, seharusnya DPD bekerja seperti senator di Amerika Serikat untuk mewakili daerahnya.

Akan tetapi, selama ini lembaga DPD tidak jelas tugas fungsinya dalam mewakili daerah asal pemilihnya.

Oleh karena itu, periode 2009-2014 nanti diharapkan tugas fungsi DPD lebih optimal dan seperti senator di Amerika Serikat itu untuk memperjuangkan wakil daerahnya.

Saat ini, peran DPD kalah bersaing dengan DPR dalam memperjuangkan masyarakat.

zulkieflimansyah mengatakan, pada pemilihan anggota DPD nanti diminta masyarakat agar memilih caon yang cerdas dan memiliki integritas terhadap kesejahteraan daerahnya.

Selama mereka, tidak memiliki komitmen pembangunan daerah asalnya lebih baik tidak memilihnya.

Apalagi, saat ini demokrasi di Indonesia sudah baik dengan adanya keputusan Mahkamah Konstitusi (MA) dengan penentuan suara terbanyak itu.

Menyinggung kinerja pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jusuf Kalla (JK), kata dia, selama ini dinilai sangat bagus karena berhasil dalam meningkatkan kesejhteraan masyarakat.

Selain itu, bisa meningkatkan anggran pendidikan juga pertumbuhan ekonomi serta keamanan di daerah konflik Nangroe Aceh Darusalam (NAD).

Bahkan, dalam dua tahun terakhir ini Indonesia surplus beras secara nasional, sehingga tidak mengimpor lagi dari negara lain.

Dia menambahkan, jika SBY dan JK mencalonkan kembali sebagai kepala pemerintahan periode 2009-2014 diminta bisa meningkatkan kesejahteraan dan mampu mengatasi angka pengangguran.

Selanjutnya, dapat merealisasikan janji-janji politik pasangan SBY dan JK, sehingga angka kemiskinan menjadi berkurang.

"Saya kira SBY-JK masih layak memimpin pemrinmtahan dan masih kuat pada Pemliu 2009 ini ," kata Mantan Calon Gubernur Banten dengan pasangan Marissa Haque. (*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009