counter

BBPJN Jayapura optimistis jalan transPapua terkoneksi tahun ini

BBPJN Jayapura optimistis jalan transPapua terkoneksi tahun ini

Kepala BBPJN XVIII Jayapura Osman Marbun. (Foto : ANTARA/Hendrina Dian Kandipi)

Masih ada sekitar 4.000 unit jembatan yang harus dibangun termasuk gorong-gorong,
Jayapura (ANTARA) - Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) XVIII Jayapura optimistis jalan transPapua seluruhnya terkoneksi pada tahun ini.

Kepala BBPJN XVIII Jayapura, Osman Marbun di Jayapura, Selasa, mengatakan pasalnya capaian pembangunan jalan transPapua tersisa 30 kilometer dari total 3.259 kilometer di seluruh Provinsi Papua.

"Masih ada sekitar 4.000 unit jembatan yang harus dibangun termasuk gorong-gorong, kendati demikian, kami optimis target itu bisa tercapai jika tak ada kendala teknis maupun non teknis," tambahnya.

Baca juga: Tersisa 179,08 km ruas jalan Trans Papua yang belum terbuka

Menurut Osman, sisa 30 km jalan transPapua yang akan dibangun tersebut, tersebar di wilayah perbatasan Nabire-Papua Barat sepanjang 8 kilometer, Enarotali-Wamena 18 kilometer, sementara sisanya 4 kilometer jalan yang menghubungkan Kenyam-Dekai.

"Kami menargetkan pembangunan jalan transPapua ini dapat rampung pada 2019 ini," ujarnya.

Dia menjelaskan memang masih ada jembatan-jembatan yang harus dibuat untuk mengkoneksikan seluruh wilayah, namun tahun ini diupayakan harus bisa terbuka atau terkoneksi semua.

Baca juga: Moeldoko: Pembangunan di Papua harus terus jalan dalam situasi apapun

Sekadar diketahui, jalan transPapua Jayapura-Wamena melewati delapan kabupaten, di wilayah Pengunungan Papua yakni Yalimo, Jayawijaya, Tolikara, Puncak Jaya, Puncak (Sinak-Ilaga), Lanny Jaya, Mamberamo tengah dan Nduga sampai Mbua.

Total panjang jalan transPapua hingga Provinsi Papua Barat 4.330 kilometer dan ditargetkan tembus seluruhnya sampai akhir 2019.

Baca juga: BBPJN Jayapura siapkan Rp20 miliar perbaiki kerusakan akibat banjir

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ribuan massa gelar aksi jalan kaki di Jayapura

Komentar