Jayapura (ANTARA) - Satuan Tugas PengamananBaca juga: Satgas TNI patroli cek patok batas negara RI-Papua Nugini MM 2.2 Perbatasan Statis(Pamtas) RI-PNG Sektor Utara, Yonif 122/TS yang berada di bawah 172/PWY, Pos Ampas melaksanakan razia kendaraan di Trans Papua ruas Jayapura-Wamena menjelang Hari Raya Natal.

Danpos Ampas, Letda Inf Togu Panjaitan dalam siaran pers yang diterima di Jayapura, Senin, mengatakan pelaksanaan razia kendaraan di jalan Trans Papua bertujuan untuk mencegah peredaran barang ilegal seperti narkoba dan minuman beralkohol.

"Jadi anggota melakukan pemeriksaan terhadap seluruh kendaraan yang melintas baik roda dua maupun roda empat," katanya.

Menurut Togu, dalam kegiatan tersebut seluruh pengguna jalan yang melintas wajib berhenti dan turun dari kendaraan ketika anggota pos melaksanakan pemeriksaan secara humanis.

"Apabila ditemukan barang yang terlihat mencurigakan akan diturunkan dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap barang tersebut," ujarnya.

Dia menjelaskan razia kendaraan merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Pos Ampas Satgas Yonif 122/TS dalam rangka menyambut Hari Raya Natal sehingga berjala dengan aman dan lancar.

"Pemeriksaan rutin kami gelar sebagai salah satu upaya kami untuk mencegah penyelundupan dan peredaran barang Ilegal yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab," katanya lagi.

Dia menambahkan selam kegiatan itu anggota juga memberikan imbauan kepada masyarakat yang melintas agar ikut menjaga keamanan dan ketertiban dengan menghindari barang ilegal yang dapat merugikan masyarakat terutama narkoba dan minuman beralkohol.

Seperti penekanan Dansatgas Mayor Inf Diki Apriyadi bahwa tugas pokok Satgas Yonif 122/Tombak Sakti menjaga keutuhan wilayah perbatasan darat RI-PNG dengan mengedepankan bidang pengamanan dengan melaksanakan pemeriksaan jalan lintas, patroli patok dan patroli jalur perlintasan Ilegal untuk mencegah penyusupan dan penyeludupan.

"Sehingga tujuan pemeriksaan kendaraan tersebut juga memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat di Kampung Ampas," ujarnya.
Baca juga: Satgas TNI patroli cek patok batas negara RI-Papua Nugini MM 2.2
Baca juga: Satgas TNI beternak ikan lele di perbatasan RI-Papua
Baca juga: Satgas TNI bantu warga di perbatasan RI-Papua Nugini buat MCK

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023