counter

Anies lantik Walikota Jakut, minta kembangkan transportasi pesisir

Anies lantik Walikota Jakut, minta kembangkan transportasi pesisir

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyematkan tanda jabatan pada Walikota Jakarta Utara baru, Sigit Wijatmoko, di Jakarta, Selasa (3/9/2019). (Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan minta kepada Wali Kota Jakarta Utara yang baru dilantik, Sigit Wijatmoko agar dapat mengembangkan transportasi Pesisir Utara Jakarta mengingat potensinya yang sangat menjanjikan.

"Yang menantang  di Jakarta Utara adalah jaringan transportasi yang membentuk hub simpul perhubungan laut yang punya implikasi sangat besar. Kami menginginkan Jakarta Utara benar-benar kawasan pesisir yang memungkinkan pengembangan transportasi secara besar. Saya berharap kepada Wali Kota Jakarta Utara yang baru agar secara serius memanfaatkan aspek ini," ucap Anies di Jakarta, Selasa.

Anies menyebut rotasi, promosi, dan pergantian merupakan bagian dari penyegaran bagi pengembangan organisasi termasuk Pemprov DKI Jakarta.

"Programnya sudah disiapkan, sedangkan aspek eksekusi akan membutuhkan komunikasi, akan membutuhkan kolaborasi dengan seluruh komponen," ujarnya.

Lebih lanjut, Anies menuturkan kehadiran Walikota baru dibutuhkan untuk mengawasi beberapa pembangunan strategis yang sedang berlangsung di daerah Jakarta Utara, seperti sistem pengelolaan sampah Intermediate Treatment Facility (ITF), maupun stadion bertaraf internasional sebagai rumah bagi tim sepak bola Persija.

Anies juga menyatakan Walikota baru harus siap mengentaskan permasalahan pendidikan dan kesehatan bagi pembangunan masyarakat di Jakart Utara.

"Di sisi lain, Jakarta Utara adalah kawasan awal mulanya Jakarta. Bermula dari pesisir dan akhirnya meluas seperti sekarang. Saya berharap saudara bisa menjadikan tempat ini sebagai salah satu tujuan wisata bahari, kawasan wisata internasional di wilayah Jakarta Utara," ucap Anies.

Baca juga: Polisi deteksi 200 gram sabu-sabu terdistribusi ke Kampung Bahari

Baca juga: AMUK Bahari desak Pemprov DKI hapus rencana relokasi nelayan

Baca juga: Puluhan nelayan unjuk rasa tolak rencana zonasi wilayah pesisir


Sigit Wijatmoko sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kepala Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta. Sedangkan Wali Kota Jakarta Utara sebelumnya dijabat oleh Syamsuddin Lologau yang memasuki masa pensiun per 1 September 2019 lalu dan digantikan oleh Pelaksana tugas Wali Kota Jakarta Utara diisi oleh Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim sejak 30 Agustus 2019 lalu.

"Hari ini kita menyaksikan pak Sigit dilantik menggantikan pejabat lama yang memasuki masa pensiun. Saya berharap pejabat yang dilantik sebagai Wali Kota Jakarta Utara meneruskan sehingga lebih berdaya dalam memberikan layanan kepada seluruh masyarakat di sana. Kita ketahui bahwa Jakarta Utara memiliki masalah lingkungan hidup yang cukup kompleks, juga masalah sosial yang tidak sederhana. Karena itu, pengalaman dan kemampuan yang dimiliki oleh Wali Kota Jakarta Utara supaya dioptimalkan," tutur Anies.

Anies mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Syamsuddin Lologau yang telah purnatugas sebagai Wali Kota Jakarta Utara. Selain itu, Gubernur Anies juga menyampaikan pesan agar seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta khususnya Jakarta Utara dapat berkolaborasi bersama masyarakat dalam upaya menyusun program dan membangun wilayah Ibu Kota secara berkelanjutan.

"Semoga amanat yang diberikan kepada bapak Sigit bisa diselenggarakan dengan sebaik-baiknya. Dan insyaAllah kesempatan bagi bapak Sigit untuk memberikan yang terbaik kepada Jakarta. Selamat bertugas," ucap Anies menambahkan.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pemprov DKI siap tanggung pengobatan korban kericuhan

Komentar