Piala Dunia FIBA

Prancis capai perempat final usai menangi laga ketat kontra Lithuania

Prancis capai perempat final usai menangi laga ketat kontra Lithuania

Pebasket tim nasional Prancis Nando de Colo (kanan) berusaha mencetak angka di bawah kawalan ketat penggawa Lithuania Jonas Valanciunas (kiri) dalam laga putaran kedua Piala Dunia FIBA 2019 Grup L di Nanjing, China, Sabtu (7/9/2019). (ANTARA/AFP/Wang Zhao)

Jakarta (ANTARA) - Prancis mencapai perempat final Piala Dunia FIBA 2019 seusai memenangi laga ketat kontra Lithuania dengan skor 78-75 dalam pertandingan putaran kedua Grup L di Nanjing, China, Sabtu.

Lini pertahanan yang disiplin jadi kunci kemenangan tersebut, terlihat dengan keberhasilan Prancis membatasi akurasi tembakan terbuka Lithuania hanya 38 persen sepanjang laga dan lemparan bebas menjadi pasokan angka utama lawannya itu berupa 24 poin.

Di waktu bersamaan Prancis tampil lebih efektif dengan melesakkan 45 persen tembakan terbuka mereka, demikian catatan laman resmi FIBA.

Baca juga: Australia, Prancis lengkapi delapan tim sempurna dalam putaran pertama

Sebuah layup dari Nando de Colo sempat membawa Prancis unggul jauh 16 poin dalam kedudukan 63-47 pada sisa waktu dua menit 50 detik kuarter ketiga.

Lithuania bangkit dan sempat berbalik unggul 72-70 lewat tripoin Jonas Maciulis pada sisa waktu tiga menit 10 detik, namun De Colo kembali membawa Prancis memimpin 73-72 lewat tripoinnya sekira 21 detik berselang.

Keunggulan berhasil dipertahankan Prancis dan sebuah fadeaway jump shot De Colo jadi poin terakhir yang tercipta dalam pertandingan itu demi memastikan kemenangan 78-75 atas Lithuania.

Duo guard mereka Evan Fournier dan De Colo tampil sangat optimal, masing-masing mencetak 24 poin dan 21 poin. Keduanya mendapat bantuan dari nama gaek Nicolas Batum yang mencetak 12 poin.

Baca juga: Gobert pimpin Prancis cukur Yordania 103-64 menuju babak kedua

Sedangkan Rudy Gobert kendati tak mencapai raihan dua digit berkontribusi lewat sembilan poin dan delapan rebound, enam di antaranya dalam situasi bertahan.

Sementara itu, Jonas Valanciunas jadi penampil terbaik Lithuania dengan 18 poin dan delapan rebound, diikuti 12 poin Mantas Kalnietis serta masing-masing 10 poin dari Marius Grigonis dan Lukas Lekavicius.

Prancis melangkah ke perempat final bersama Australia sebagai dua wakil Grup L, meski keduanya akan berhadapan lebih dulu pada Senin (9/9) untuk menentukan pemuncak klasemen akhir.

Baik Prancis maupun Australia berpeluang bertemu juara bertahan dua edisi Amerika Serikat yang hampir pasti lolos ke perempat final usai menang lawan Yunani di laga lain di Grup K.

Sedangkan Lithuania akan mengakhiri kiprahnya di Piala Dunia FIBA 2019 dengan meghadapi Republik Dominika pada hari yang sama.

Baca juga: Yunani-nya Antetokounmpo jadi korban lanjutan catatan sempurna Amerika

Baca juga: Australia di ambang perempat final, atasi Dominika 82-76

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar