counter

396 peserta ramaikan Pameran Teknologi dan Inovasi Industri

396 peserta ramaikan Pameran Teknologi dan Inovasi Industri

Menristekdikti Mohamad Nasir berbicara dalam konferensi Pameran I3E di Jakarta, Selasa (10/09/2019). ANTARA/ Martha Herlinawati Simanjuntak

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 396 peserta (exhibitor) meramaikan Pameran Startup Teknologi dan Inovasi Industri Anak Negeri (I3E) yang akan diadakan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) pada 3-6 Oktober 2019 di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat.

"Kami ingin hasil inovasi dari para inovator benar-benar terasa manfaatnya bagi masyarakat dan menumbuhkan sektor industri, khususnya menjawab tantangan dan peluang di era Revolusi Industri 4.0," kata Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir dalam konferensi Pameran I3E di Jakarta, Selasa.

Menteri Nasir mengatakan I3E bertujuan untuk mempromosikan produk-produk inovasi teknologi hasil karya anak bangsa kepada masyarakat luas.
Baca juga: Jusuf Kalla imbau BPPT tentang pameran teknologi

Sebanyak 396 peserta pameran itu terdiri atas 248 startup atau perusahaan pemula berbasis teknologi (PPBT), 130 calon PPBT, tiga perusahaan lanjutan berbasis teknologi (PLBT), dan 15 inovasi industri.

Sejak 2015, Kemristekdikti telah melakukan program penumbuhkembangan wirausaha rintisan berbasis teknologi dan hasil lembaga peneltian dan pengembangan yang dimanfaatkan industri.

Dalam periode lima tahun terakhir, Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Kemristekdikti melakukan telah melakukan pembinaan dan penumbuhan startup teknologi yang berasal dari perguruan tinggi, lembaga penelitian dan pengembangan, industri, serta masyarakat umum sebanyak 1307 yang terdiri dari 749 PPBT, 558 calon startup (CPPBT) dan 15 Inovasi Industri.
Baca juga: Pameran teknologi Energi Baru Terbarukan akan digelar di Jakarta

Pengembangan startup berbasis teknologi dilakukan tiga program utamanya, yaitu Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi ( CPPBT ), Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) dan Inovasi Industri.

Ajang pameran I3E ke-5 dengan tema "Startup Teknologi dan Inovasi Industri Meningkatkan Daya Saing Bangsa" ini diharapkan dapat menjadi daya tarik kepada calon konsumen pengguna dan investor..

Kegiatan-kegiatan lain yang akan diadakan dalam memeriahkan pameran itu adalah seminar bisnis dan teknologi, "speed dating", talkshow bisnis, bisnis coaching, dan kompetisi ide teknologi.
Baca juga: GIIAS Surabaya jadi ajang pamerkan teknologi terkini

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

RI – Inggris siapkan Rp37 miliar untuk riset penyakit menular

Komentar