Dinas Koperasi Kalteng tingkatkan pengetahuan wirausaha pemula

Dinas Koperasi Kalteng tingkatkan pengetahuan wirausaha pemula

Diskop UKM Kalteng bersama para pelaku usaha dalam bimbingan teknis legalitas produk makanan, minuman dan obat-obatan serta strategi personal branding untuk wirausaha pemula di Palangka Raya, Kamis, (12/9/2019). (ANTARA/HO-Diskop UKM Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Kalimantan Tengah berupaya meningkatkan pengetahuan wirausaha pemula tentang legalitas produk, baik dari aspek kesehatan, keamanan serta kandungannya.

"Kami ingin wirausaha pemula mengetahui alur dan tata cara mengakses legalitas produk dengan mudah," kata Kepala Diskop UKM Kalteng Lies Fahimah melalui Pelaksana Tugas Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Kecil Nelut di Palangka Raya, Jumat.

Hal itu sesuai dengan kondisi serta kebutuhan saat ini, mulai berkembang berbagai jenis produk makanan dan minuman, serta obat-obatan yang memerlukan pengawasan terhadap keamanan produk, karena belum terjamin secara kesehatan.

Salah satu upaya yang telah Diskop UKM Kalteng, yakni menggelar bimbingan teknis legalitas produk makanan, minuman dan obat-obatan serta strategi personal branding untuk wirausaha pemula yang baru saja dilaksanakan.

"Kami menginginkan, agar setelah wirausaha pemula maupun UKM mempunyai produk dengan izin lengkap dan branding yang menarik, nantinya produk yang mereka miliki dapat dipasarkan melalui pasar modern," ungkapnya.

Hal itu merupakan awal kegiatan bagi wirausaha untuk mengembangkan berbagai macam produk, khususnya kuliner sehingga bisa menginspirasi kepada masyarakat luas untuk menumbuhkembangkan perekonomian dari sektor UMKM.

Pihaknya menyadari banyak tantangan yang dihadapi, utamanya dalam penumbuhan usaha, baik menyangkut kualitas maupun kuantitas produk. Termasuk dalam hal legalitas produk untuk memenuhi standar kesehatan bagi konsumen.

"Kami harapkan dengan adanya bimbingan teknis tersebut, bisa membantu para pelaku usaha di Kalteng untuk mengembangkan usahanya dan meningkatkan mutu produk dalam hal legalitas," terangnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, tingkat pertumbuhan wirausaha pemula adalah salah satu bagian penting dari perekonomian daerah maupun negara, sebab berperan penting dalam menentukan tingkat lajunya perekonomian masyarakat.

Pertumbuhan wirausaha pemula di Kalteng dapat didorong dan diberdayakan, agar semakin berkembang, produktif dan selalu mampu untuk bersaing di pasar modern. Hal itu juga sesuai dengan visi pemerintah provinsi, yaitu mewujudkan Kalteng maju, mandiri dan adil untuk kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Jumlah koperasi sehat di Kalteng meningkat
Baca juga: Masyarakat Kalteng semakin minati produk UMKM

 

Pewarta: Kasriadi/Muhammad Arif Hidayat
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar