Menlu Singapura sampaikan ucapan belasungkawa atas wafatnya BJ Habibie

Menlu Singapura sampaikan ucapan belasungkawa atas wafatnya BJ Habibie

Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan menuliskan pernyataan belasungkawa atas wafatnya mantan Presiden BJ Habibie di buku ucapan duka cita di KBRI Singapura, Jumat. (13/9/2019). (Dokumentasi KBRI Singapura)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan menuliskan ucapan belasungkawa atas wafatnya mantan Presiden BJ Habibie.

Pernyataan belasungkawa tersebut disampaikan di buku ucapan duka cita yang disediakan di KBRI Singapura, di jalan Chatsworth 7, Singapura.

"Ucapan duka cita terus berdatangan dari pejabat Singapura serta para duta besar asing negara-negara sahabat atas wafatnya Presiden RI ketiga, Prof. BJ Habibie," ujar Duta Besar RI di Singapura, Ngurah Swajaya berdasarkan keterangan dari KBRI Singapura di Jakarta, Jumat.
Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan memberikan penghormatan terakhir sebelum menulis ucapan belasungkawa atas wafatnya mantan Presiden BJ Habibie di buku ucapan duka cita di KBRI Singapura, Jumat. (13/9/2019). (Dokumentasi KBRI Singapura)

Ucapan tersebut disampaikan melalui pesan pribadi kepada Duta Besar RI di Singapura, Ngurah Swajaya, serta melalui pengisian buku ucapan duka cita (Condolence Book) yang mulai dibuka Kamis siang.

Duta Besar Ngurah Swajaya juga memberikan kesannya saat bertemu bertemu Prof. BJ Habibie di masa almarhum sebagai Menristek.

Baca juga: PM, Presiden Singapura sampaikan belasungkawa atas wafatnya BJ Habibie

"Beliau sangat dihormati dan dikenal sebagai ilmuwan yang banyak membuat inovasi bidang teknologi. Beliau juga satu satunya pejabat tingkat menteri Indonesia yang selalu ditemui Kanselir Jerman, Helmut Kohl setiap kali ada permintaan kunjungan kehormatan (courtesy call) saat-saat beliau ke Jerman di Bonn," ujar Dubes Ngurah.

Selain itu, Habibie juga memperkenalkan industri teknologi Indonesia ketika untuk pertama kalinya Indonesia ditunjuk sebagai mitra negara (partner country) yang prestisius di Hannover Fair tahun 1995.

Baca juga: Habibie kembali puji Singapura sebagai negara unggul

KBRI Singapura memberikan kesempatan kepada publik di Singapura untuk memberikan penghormatan terakhir dengan mengisi buku ucapan duka cita di KBRI Singapura mulai 12 September 2019 hingga 16 September 2019.

Sebelumnya, Wakil Duta Besar Argentina untuk Malaysia Gabriel Eduardo Parini di Kedutaan Besar RI di Kuala Lumpur, Kamis, mengucapkan duka cita atas wafatnya mantan Presiden BJ Habibie.

Parini menuliskan pernyataan bela sungkawa itu di buku ucapan duka cita yang disediakan di lobi KBRI Kuala Lumpur, di Jalan Tun Razak Kuala Lumpur.

Baca juga: Luhut kenang diminta Habibie perbaiki hubungan Indonesia-Singapura

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Masyarakat berziarah ke makam Habibie

Komentar