Sam Smith minta panggilan netral gender

Sam Smith minta panggilan netral gender

Sam Smith pada GQ Men Of The Year Awards 2019 di London. (REUTERS/Henry Nicholls)

Jakarta (ANTARA) - Penyanyi Inggris Sam Smith, Jumat (13/9), meminta orang-orang untuk memanggilnya dengan sebutan yang netral gender, "they/them", mengutip pernyataan dia sebelumnya "seumur hidup berada dalam perang dengan genderku".

Dikutip dari Reuters, musisi peraih Grammy berusia 27 tahun itu membuat pengumuman di unggahan Instagram berjudul "Kata gantiku adalah they/them." Sam Smith memilih untuk tidak disebut dengan kata ganti "He" yang merujuk pada laki-laki.

Unggahan itu mendapat lebih dari 400.000 like.

Smith mengatakan masih terlalu dini untuk menjelaskan "apa artinya jadi non-biner" tapi pengumuman itu muncul enam bulan setelah sang penyanyi mengaku lewat sosial media bahwa dia "bukan laki-laki atau perempuan" tapi "di antaranya."

Smith memenangi empat penghargaan Grammy pada 2015 setelah mengeluarkan album debut "In the Lonely Hour" tentang cinta tak terbalas.

Smith bergabung dengan sejumlah orang yang ingin menggunakan "they and them" sebagai kata ganti, termasuk Jill Soloway, pencinta serial transgender "Transparent" dan aktor Asia Kate Dillon.

Baca juga: Mia Ismi bawakan lagu Sam Smith di London

Baca juga: Sam Smith batal tampil di Billboard Music Awards

Baca juga: Sam Smith malu usai tampil di Oscar

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kesetaraan Gender bukan lagi persoalan di Indonesia

Komentar