counter

Kemarin, risiko karhutla di ibu kota baru hingga implementasi 4.0

Kemarin, risiko karhutla di ibu kota baru hingga implementasi 4.0

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam Dialog ke-4 mengenai Investasi dan Strategi Pembiayaan Ibu Kota Negara (IKN) di Jakarta, Senin (16/9). (Indra Arief Pribadi)

Lima berita ekonomi pada Senin (16/9) yang masih menarik untuk disimak
Jakarta (ANTARA) - Risiko kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di ibu kota baru kecil, implementasi 4.0 industri tekstil membutuhkan investor asing di bahan baku, pendampingan pengusaha menjadi perhatian tiga calon Ketua Hipmi, Indonesia perkuat kemitraan dengan Singapura hingga kebakaran instalasi minyak Arab Saudi sebabkan kerentanan baru, merupakan lima berita ekonomi pada Senin (16/9) yang masih menarik untuk disimak.

1. Bappenas sebut risiko karhutla paling kecil di ibu kota baru

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan risiko bencana termasuk kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di lokasi ibu kota baru, Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara Kalimantan Timur, merupakan yang paling kecil dibanding wilayah-wilayah lainnya.

Dia menjelaskan bahwa pemerintah sudah meneliti wilayah dan kondisi tanah sebelum menentukan dua kabupaten tersebut menjadi ibu kota baru. Hasilnya kondisi lahan di Penajam dan Kutai tidak mengandung gambut ataupun bahan alam yang mudah terbakar seperti batu bara.

Simak berita selengkapnya di sini

2. Implementasi 4.0 industri tekstil perlu investor asing di bahan baku

Konsultan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan World Economy Forum (WEF) Shirley Santoso menyarankan perlunya mengundang investor asing untuk berinvestasi untuk memproduksi bahan baku industri tekstil agar tidak terlalu bergantung pada impor bahan baku dalam rangka mewujudkan implementasi Making Indonesia 4.0.

"Dari sisi perbaikan kebutuhan bahan bakunya, perlu upaya menarik minat investor asing untuk menanamkan modal agar dapat menghasilkan bahan baku tekstil di dalam negeri," ujar Shirley Santoso dalam wawancara dengan ANTARA.

Simak berita selengkapnya di sini

3. Pendampingan pengusaha menjadi perhatian tiga calon Ketua Hipmi

Tiga calon ketua umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) untuk periode 2019-2022 menyampaikan bahwa pelatihan dan pendampingan bagi para pengusaha muda nasional menjadi salah satu perhatiannya dalam mengemban tugas.

Simak berita selengkapnya di sini

4. Indonesia perkuat kemitraan ekonomi dengan Singapura

Pemerintah Indonesia memperkuat kemitraan dalam bidang ekonomi dengan Singapura yang selama ini menjadi salah satu mitra strategis di sektor perdagangan dan investasi.

Penguatan kerja sama bilateral ekonomi ini ditegaskan dalam Pertemuan Tingkat Menteri yang dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dengan Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Chan Chun Sing.

Simak berita selengkapnya di sini

5. Menkeu: Kebakaran instalasi minyak Arab Saudi sebabkan kerentanan baru

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan kebakaran instalasi minyak di Arab Saudi dapat menyebabkan kerentanan baru bagi kondisi perekonomian global.

Sri Mulyani menjelaskan bahwa insiden ini dapat menjadi sumber ketidakpastian baru karena pasokan minyak dunia, yang sebagian besar disumbangkan Arab Saudi, dapat berkurang hingga 50 persen.

Simak berita selengkapnya di sini

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kemarin HS Dillon meninggal di Bali akibat sakit jantung

Komentar