Padang, (ANTARA) - Kota Padang, Sumatera Barat ditetapkan sebagai lokasi finis dan penutupan kejuaraan balap sepeda internasional Tour de Singkarak 2019 tepatnya di kawasan Danau Cimpago Pantai Padang pada 10 November.

"Pada acara penutupan tersebut juga akan digelar sejumlah hiburan termasuk menghadirkan artis Minang Kintani," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Arfian di Padang, Rabu.

Ia memaparkan pada etape sembilan tersebut start dari Painan, Kabupaten Pesisir Selatan kemudian menuju Padang melewati Kawasan Wisata Mandeh.

Tiba di Bungus pebalap melewati Gaung, By pass, Lubuk Begalung, Pisang, Kampung Kalawi, Alai, Simpang Jam Ria, Jalan Raden Saleh, Jalan Veteran, Jalan Pemuda, Jalan Diponegoro, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Nipah, Muaro dan berakhir di Jalan Samudra.

Baca juga: Tour de Singkarak 2019 ganti logo

Baca juga: TdS 2019 akan promosikan pariwisata Sumbar dan Jambi


Ia menyampaikan jika pada pelaksanaan sebelumnya di Padang semua pebalap mengitari jalan kota beberapa kali, khusus untuk tahun ini hanya satu kali saja. Hal ini setelah mempertimbangkan masukan dari masyarakat yang terganggu karena jalan ditutup terlalu lama sehingga menghambat mobilitas.

Terkait persiapan yang dilakukan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Padang memastikan rute yang dilewati kondisi jalannya layak dilewati pebalap.

"Jika ada yang rusak akan dilakukan perbaikan sebelum hari pelaksanaan," kata dia.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Kepolisian untuk penutupan jalur dan jalur alternatif bagi pengendara saat perlombaan berlangsung.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan Tour de Singkarak (TdS) 2019 pada 2-10 November menjadi ajang mempromosikan pariwisata dua provinsi sekaligus, yakni Sumatera Barat dan Jambi.

"TdS tahun ini telah memasuki tahun penyelenggaraan ke-11 dan penyelenggaraannya semakin diperluas jangkauannya hingga sembilan etape yang melintasi 16 kabupaten dan kota di Sumatera Barat dan dua kabupaten di Jambi," kata dia.

Ia menyebutkan TdS merupakan wisata olahraga berhadiah total sebesar Rp2,3 miliar, yang efektif mempromosikan pariwisata, dengan menampilkan atraksi budaya, kuliner, dan olahraga.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan TdS 2019 merupakan kegiatan unggulan Sumbar dan tahun ini pihaknya berkolaborasi dengan Provinsi Jambi. Ada dua kabupaten yang terlibat yaitu Kerinci dan Sungai Penuh. Balapan sendiri terbagi atas sembilan etape dan start di Pantai Gandoriah, Kota Pariaman.

Baca juga: TdS 2019 Etape IX lewati Kawasan Mandeh

Baca juga: Jambi Masuk Etape 7 dan 8 Tour de Singkarak 2019

 

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019