Jakarta (ANTARA) - Tubuh memiliki cara berkomunikasi dengan Anda dan memberi tahu tentang situasi kritis dan non-kritis sehingga Anda dapat mengambil tindakan pencegahan.

Ini juga berlaku saat Anda kekurangan kalsium atau disebut hipokalsemia. Jika tidak diobati, penyakit ini bisa menyebabkan kematian.

Berikut tanda-tanda saat tubuh membutuhkan lebih banyak asupan kalsium, seperti dilansir Indian Express:

Kram otot

Anda tertidur lelap lalu tiba-tiba kram menyerang otot betis kaki dan mengirim rasa sakit yang luar biasa ke seluruh tubuh, sehingga cukup membangunkan Anda. Butuh beberapa menit untuk melakukan peregangan dan pemijatan.

Ini cara klasik tubuh Anda memberi tahu Anda kekurangan kalsium. Coba konsumsi segelas susu Anda dan makanan lain yang mengandung kalsium tinggi.

Tulang rapuh

Jika sedikit benturan membuat Anda patah tulang, pasti kalsium Anda sangat rendah. Tubuh berhenti membangun tulang baru pada saat Anda mencapai usia 20-tahunan.

Di usia 30-tahunan, Anda sangat bergantung pada kalsium dalam makanan untuk menjaga tulang tetap ternutrisi.

Gigi tak sehat

Gigi yang buruk berarti kalsium rendah. Sederhana saja. Kalsium dan fosfor menjaga gigi tetap kuat, dan kerusakan gigi contoh jelas asupan kalsium yang rendah. Ketika tubuh tidak memiliki kalsium yang cukup, maka akan diambil dari gigi dan tulang.

Kulit gatal & kuku buruk

Kulit dan kuku adalah indikator kesehatan. Kondisi kulit seperti psoriasis dan eksim terkait dengan kekurangan kalsium. Periksakan diri ke dokter sebelum mulai mengonsumsi suplemen kalsium. Sementara itu, Anda yang memiliki kuku kering dan rapuh dapat menjadi indikator bahwa dalam tubuh kadar kalsiumnya rendah dalam darah.

Baca juga: Kekurangan kalsium dapat sebabkan obesitas

Baca juga: Benarkah es krim bikin gemuk?

Baca juga: Tofu hingga jeruk, si penyedia kalsium selain susu

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019