Penajam (ANTARA) - Panglima Kodam  VI/Mulawarman Mayor Jenderal TNI Subiyanto, memimpin serbuan teritorial bersih-bersih pantai di wilayah Pantai Corong, Kelurahan Tanjung Tengah, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa.

"Serbuan teritorial bersih-bersih pantai merupakan rangkaian kegiatan HUT TNI ke-74 yang diperingati setiap 5 Oktober," jelas Pangdam Subiyanto di sela-sela kegiatan.

Pembersihan Pantai Corong tersebut melibatkan prajurit TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara, serta Polri, instansi terkait, Satpol PP, perusahaan, Ormas, LSM, masyarakat, Pramuka dan pelajar.

Baca juga: Laut dan pantai di Baubau dibersihkan ratusan warga

Baca juga: KKP lakukan bersih pantai dukung Sail Nias


Sekitar 2.000 orang berkumpul dan secara bersama-sama melakukan serbuan teritorial giat bersih-bersih Pantai Corong sepanjang lebih kurang 2,5 kilometer.

Kebersamaan dan kemanunggalan TNI-Rakyat dalam giat bersih-bersih pantai tegas Subiyanto, untuk menggerakkan masyarakat serta generasi muda agar membudayakan hidup bersih, mencintai lingkungan dan menanamkan jiwa hidup sehat.

"Tujuan serbuan teritorial bersih-bersih pantai adalah untuk melatih kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar," ujarnya.

"Kami mengajak masyarakat berpartisipasi, terutama anak-anak sekolah untuk dapat peduli terhadap kebersihan lingkungan pantai," ucap Subiyanto.

Serbuan teritorial bersih-bersih pantai tersebut menurut Komandan Kodim atau Dandim 0913/Penajam Paser Utara Letkol Inf Mahmud, juga untuk mempromosikan Pantai Corong sebagai salah satu obyek wisata pantai yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Kegiatan bersih-bersih pantai itu untuk menjaga dan melestarikan lingkungan kawasan obyek wisata sekaligus mempromosikannya," katanya.

Wakil Bupati Penajam Paser Utara Hamdam sangat mengapresiasi serbuan teritorial bersih-bersih di Pantai Corong yang dikomandoi Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto tersebut.

"Bersih-bersih pantai merupakan salah satu wujud komitmen kebersamaan dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan," tambahnya.

Baca juga: Ratusan orang bersihkan perairan Dumai dari sampah plastik

Pewarta: Novi Abdi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019