Denny Wirawan persembahkan koleksi baru "Pringgasela"

Denny Wirawan persembahkan koleksi baru "Pringgasela"

Denny Wirawan persembahkan koleksi baru "Pringgasela" dalam sebuah peragaan busana di Jakarta, Rabu (25/9/2019). (ANTARA/Yogi Rachman)

Jakarta (ANTARA) - Perancang busana kenamaan Indonesia Denny Wirawan mempersembahkan koleksi spring/summer 2020 terbaru dengan mengambil tema "Pringgasela", yang juga merupakan nama sebuah desa di Lombok Timur, NTB.

Denny menampilkan 48 koleksi dalam peragaan busana yang digelar di Jakarta, Rabu. Dia mengatakan sengaja mengangkat kain tenun dari Desa Pringgasela karena jarang diekspos.

"Lombok Timur tempatnya agak jauh dan jarang diekspos. Saya tidak nyangka di sana ada tenun yang sangat indah yang tadi saya tampilkan, sebetulnya dia dominan motif stripes atau garis-garis," kata Denny setelah peragaan busana.

Ia mengatakan bahwa kain tenun dari Desa Pringgasela memiliki keunikan terutama dari warna yang proses pewarnaannya yang menggunakan bahan alam.
 
Model peragakan baju koleksi "Pringgasela" rancangan Denny Wirawan. (ANTARA/Yogi Rachman)


"Yang jadi keistimewaan dari kain tersebut adalah pewarnaan. Bisa dibilang warnanya agak pudar pastel tapi itu karena prosesnya dari pewarnaan alam," kata dia.

Dalam koleksinya ini, Denny juga menggabungkan beberapa motif tenun lain dari Lombok dengan menggunakan teknik sulaman (embroidery). Dia juga banyak bermain dengan motif garis-garis yang menjadi ciri dari kain tenun Pringgasela.

"Untuk mengimbangi motif garis supaya tidak monoton saya mengolah dengan cara penempatan motif yang silang-silang," imbuhnya.

Baca juga: Julianto pukau New York Fashion Week dengan koleksi Il Fiore

Baca juga: Batik Betawi tampil di Korea Selatan

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Busana muslimah batik pukau pengunjung Fesyar 2019

Komentar