Presiden Jokowi Tokoh Bangsa dalam kanvas pelukis Jupri Abdullah

Presiden Jokowi Tokoh Bangsa dalam kanvas pelukis Jupri Abdullah

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko mengamati lukisan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang membawa lentera dan buku UUD 1945 pada pembukaan pameran tunggal Jupri Abdullah dengan tema Tokoh Bangsa di Perpustakaan Umum Kota Malang, Rabu (25/9) (ANTARA/HO/PEMKOT MALANG)

Malang (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi salah satu model lukisan dalam coretan kanvas Jupri Abdullah yang dipamerkan di Perpustakaan Umum Kota Malang, Jawa Timur, dengan tema "Tokoh Bangsa".

Pameran tunggal pelukis Jupri Abdullah dengan konsep membawa perubahan itu dibuka oleh Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko yang didampingi beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta sejumlah camat di lingkungan Pemkot Malang, Rabu.

Wawali Sofyan Edi saat membacakan sambutan Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan kegiatan (pameran) lukisan ini sangat bermakna dalam mengenalkan tokoh-tokoh bangsa kepada masyarakat demi mengingat kembali bagaimana perjuangan para tokoh bangsa untuk menegakkan negeri tercinta, Indonesia.

Baca juga: Seniman Temanggung abadikan Jokowi-Prabowo dalam lukisan pyrograph

Baca juga: Seniman Dede Rai rampungkan lukisan Jokowi
​​​​​​​

"Pameran bertema Tokoh Bangsa ini diharapkan mampu menginspirasi serta membangkitkan semangat juang yang tinggi di dalam diri kita sebagai generasi muda," ujar politikus Partai Golkar tersebut.

Selain itu, kata Sofyan Edi, kegiatan ini semakin mempunyai nilai strategis dalam memberikan pemahaman kepada generasi muda untuk menghargai hasil karya seni lukis di Tanah Air sebagai budaya bangsa yang harus dijunjung tinggi agar dapat menimbulkan rasa cinta pada budaya bangsa.

Sementara itu, Jupri Abdullah berharap agar pameran lukisannya kali ini dapat menjadi sumber inspirasi bagi pelukis-pelukis lainnya untuk terus berkarya dan berinovasi untuk memperkaya pengetahuan dan khasanah dalam seni lukis.

Dalam pameran tunggal itu, pelukis asal Pasuruan tersebut menampilkan lebih dari 25 karya lukisannya yang seluruhnya adalah lukisan para tokoh bangsa dari berbagai latar belakang.

Saat memasuki ruang pameran, pengunjung akan disambut dengan lukisan Presiden Indonesia Joko Widodo yang merupakan lukisan potret imajinasi, karena dalam lukisan dengan ukuran 200×300 cm itu sosok Jokowi digambarkan membawa lentera dan buku UUD 45 serta di sebelah kanannya terdapat burung Garuda yang mengikutinya.

"Dalam lukisan yang bertema membawa perubahan, ada lukisan konseptual Jokowi. Dalam lukisan tersebut digambarkan dengan sosok yang membawa lentera penerang, dengan tetap berpegang pada UUD 45," ujar Jupri.

Selain lukisan Presiden Jokowi, sejumlah tokoh bangsa yang dilukis oleh Jupri dengan warna pop art itu, di antaranya Presiden keempat RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Presiden kelima RI yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, Presiden ketiga RI BJ Habibie, Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono, serta Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti.

Selain itu, juga ada lukisan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa serta beberapa tokoh bangsa lainnya.

Sebelumnya Jupri Abdullah juga beberapa kali menggelar pameran tunggal dengan tema sama "Tokoh Bangsa" pada awal 2018 di Surabaya.

 

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden anugerahkan gelar Pahlawan Nasional pada 6 tokoh bangsa

Komentar