Pada 2025 beberapa pelabuhan harus menjadi hub global yang penting bagi perdagangan dunia
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 KH Ma'ruf Amin mendorong pelabuhan-pelabuhan di Indonesia mampu menjadi hub global.

"Pemerintah juga turut menciptakan hub port untuk konektivitas global. Ini sudah masuk rencana sistem logistik nasional di mana pada tahun 2025 beberapa pelabuhan di Indonesia harus menjadi hub global yang penting bagi perdagangan dunia," ujar Ma'ruf Amin di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, melalui kebijakan tersebut diharapkan pelabuhan Indonesia bisa menjadi yang terbaik di negara-negara di kawasan Asia Tenggara maupun Asia.

"Jika beberapa pelabuhan kita mampu menjadi hub port internasional, maka tidak perlu lagi transshipment sehingga bisa menurunkan biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk Indonesia," katanya.

Baca juga: Ma'ruf Amin berharap kampus perluas kajian sektor kemaritiman

Sebagai negara yang 70 persen lebih wilayahnya didominasi perairan, sudah sewajarnya Indonesia unggul di sektor kemaritiman baik pada tingkat nasional, regional maupun global terutama dalam bidang kepelabuhanan, pelayaran dan logistik. Namun demikian, sampai sekarang bangsa Indonesia memang belum optimal memanfaatkan hal-hal tersebut.

Baca juga: Ma'ruf Amin: Perlu optimalisasi ide besar optimalkan kemaritiman

Pemerintah sudah melakukan berbagai upaya dan terobosan di sektor kemaritiman ini. Presiden Joko Widodo telah menggaungkan dan menegaskan Indonesia sebagai poros maritim dunia, membuat kebijakan yang mendukung gagasan tersebut juga sudah dilakukan misalnya dengan membentuk Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, membuat kebijakan mengenai tol laut yang menjadi program untuk meningkatkan konektivitas nasional serta menurunkan disparitas ekonomi dan harga antarwilayah di Indonesia.

"Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Pulau-pulau yang sangat banyak dan laut yang demikian luas menjadi potensi pengembangan sektor kemaritiman. Potensi tersebut dapat dikonversi menjadi sumber utama perekonomian nasional jika kita mampu mengelolanya dengan baik. Namun, potensi tersebut dapat menjadi permasalahan jika pengelolaannya tidak dilakukan dengan baik," kata Ma'ruf Amin.

Sebelumnya, KH Ma'ruf Amin menilai perlunya optimalisasi ide-ide dan gagasan-gagasan besar untuk mengoptimalkan sektor kemaritiman Indonesia.

Dia menjelaskan Indonesia yang merupakan negara maritim terbesar di dunia dengan luas laut yang cukup besar, bisa menjadikan Indonesia sebagai negara maritim terbesar di dunia. Bukan hanya luasnya, potensinya namun juga pengelolaan dan pemanfaatannya.

Baca juga: Pelabuhan Bitung jadi hub perdagangan antarnegara

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019