Laporan dari Beijing

Murid SD Beijing kunjungi KBRI jelang HUT RRC

Murid SD Beijing kunjungi KBRI jelang HUT RRC

Mahasiswa Indonesia memperkenalkan Indonesia kepada murid-murid sekolah dasar di Beijing yang berkunjung ke Kedutaan Besar RI di Beijing, China, Sabtu (28/9). Kunjungan murid-murid SD Beijing tersebut dilakukan menjelang perayaan Hari Ulang Tahun ke-70 Republik Rakyat China. ANTARA/M. Irfan Ilmie

Beijing (ANTARA) - Sebanyak 26 murid dari berbagai sekolah dasar di Beijing didampingi beberapa guru berkesempatan mengunjungi Kedutaan Besar RI di Beijing menjelang perayaan hari ulang tahun ke-70 berdirinya Republik Rakyat China.

"Ini bagian dari upaya kami memperkenalkan beberapa negara sahabat, termasuk Indonesia kepada anak-anak didik kami," kata Wade Cheng selaku pendamping murid-murid sekolah dasar di Beijing, Sabtu (28/9).

Menurut dia, KBRI Beijing merupakan salah satu objek utama yang harus dikunjungi murid-muridnya karena Indonesia memiliki hubungan yang sangat erat dengan China.

"Indonesia itu negara yang sangat strategis bagi negara kami, terutama dalam kerangka 'Belt and Road' (Prakarsa Sabuk Jalan).," ujarnya.

Sebelumnya, murid-murid sekolah dasar itu mengunjungi beberapa kedutaan besar lainnya di Beijing, seperti Nepal, Sri Lanka, India, dan Thailand.

Di KBRI Beijing, para murid sekolah dasar itu diterima oleh staf Atase Pendidikan dan Kebudayaan dan para pelajar Indonesia yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok (Permit).
Murid-murid dari berbagai sekolah dasar di Beijing belajar memainkan alat musik tradisional Sunda angklung di Kedutaan Besar RI di Beijing, China, Sabtu (28/9).ANTARA/M. Irfan Ilmie

Mereka diajari memainkan angklung yaitu  alat musik tradisional Sunda yang terbuat dari bambu dan tari-tarian tradisional dari beberapa daerah di Indonesia.

Para murid sekolah dasar itu juga diberi pertanyaan seputar Indonesia, misalnya letak geografis Indonesia di peta dunia.

Beberapa murid sempat salah menunjuk peta Indonesia. Seorang murid yang berhasil menunjukkan peta Indonesia di layar monitor mendapatkan cendera mata dari Atdikbud KBRI Beijing.

Di sela-sela kunjungan tersebut, para murid yang merupakan penduduk lokal mendapatkan suguhan makan siang masakan Indonesia.

"Hen hao chi (enak sekali)," ujar seorang murid sambil mengacungkan dua jempolnya usai menandaskan sepiring nasi dengan lauk ayam goreng khas Indonesia lengkap dengan kerupuk udang.

Sebelum pulang, para tamu belia itu beserta guru pendampingnya berfoto bersama di halaman KBRI Beijing di Jalan Raya Dongzhimen Wai No 4.

Perayaan HUT RRC akan digelar di seputar Lapangan Tian'anmen Beijing pada Selasa (1/10 ) diperkirakan 100 ribu orang akan menyaksikan parade militer di lapangan yang menjadi saksi sejarah pengumuman berdirinya RRC pada 1949 oleh Mao Zedong itu. 
Baca juga: KBRI Beijing desak Saint Mary terbitkan ijazah mahasiswa Indonesia
Baca juga: Hari Anak Internasional, siswa Indonesia-China main angklung bersama

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Maria D Andriana
COPYRIGHT © ANTARA 2019

KBRI Beijing memperkenalkan pelangi sepak

Komentar