kami percaya komunitas lokal itu sangat penting
Jakarta (ANTARA) - Ratusan pemimpin komunitas lokal yang memakai media sosial Facebook berkumpul pada acara Community Leadership Circle (CLC) Jakarta, Minggu, untuk mengajak masyarakat bergabung dalam komunitas sebagai bentuk ekspresi positif.

"Kami berharap dapat memotivasi masyarakat, khususnya anak muda, untuk memilih komunitas sebagai media positif untuk berekspresi dan bersosialisasi," ungkap Ketua CLC Jakarta Rauf Raphanus dalam acara yang diselenggarakan di Plaza Parkir Timur Senayan, Jakarta, Minggu.

Pertemuan yang dihadiri sekitar 150 pendiri dan pengurus komunitas dengan berbagai tujuan itu, untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran bersama.

Rauf mengatakan bahwa CLC tempat di mana para pemimpin komunitas dunia maya berkumpul untuk berbagi ilmu dan belajar bersama dan secara resmi digawangi oleh Facebook.

Facebook Partnership Team Asia Pacific, Sue-Anne, mengatakan Facebook memprediksi pembangunan komunitas di beberapa kota lain di Indonesia.

"Saat ini kami hanya ada komunitas di Jakarta, tapi kami ingin memastikan akan ada komunitas lain di kota lain di Indonesia, entah itu di Semarang, Bandung, atau kota lain. Karena kami percaya komunitas lokal itu sangat penting," ungkap dia.

Baca juga: Kemendikbud ingin dirikan CLC tingkat SMA di Malaysia

CLC berguna untuk para pemimpin komunitas, beberapa bahkan melebarkan sayap dan memperjuangkan tujuan mereka dengan lebih mudah berkat komunitas.

Wulan Suheri, salah satu pendiri komunitas Indonesia Hidden Heritage. yang mengikuti pameran tersebut, menegaskan pentingnya komunitas akan pembelajaran.

Komunitas dia sendiri untuk belajar sejarah sambil berpetulang ke tempat-tempat yang memiliki nilai dan mendorong anak-anak agar lebih tertarik belajar sejarah.

"Kita ingin mengajak tidak hanya orang dewasa tapi juga mendorong anak-anak ikut serta, karena bila mamanya ikut, anaknya biasanya ikut," ungkapnya.

Baca juga: Mendikbud: CLC alternatif utama pendidikan anak TKI di Malaysia
Baca juga: Dubes RI minta Malaysia luluskan pendirian CLC di Semenanjung Malaysia

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019