counter

Liga Champions

Chelsea curi tiga poin dari Lille

Chelsea curi tiga poin dari Lille

Penyerang sayap Chelsea Callum Hudson-Odoi (kanan) berduel dengan gelandang serang Lille Yusuf Yazici memperebutkan penguasaan bola dalam laga lanjutan Grup H Liga Champions di Stadion Pierre-Mauroy, Lille, Prancis, Rabu (2/10/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Andrew Couldridge)

Jakarta (ANTARA) - Chelsea berhasil mencuri tiga poin penuh dari lawatan ke kandang Lille di Stadion Pierre-Mauroy seusai memetik kemenangan tipis 2-1 atas tuan rumah dalam lanjutan Grup H Liga Champions, Rabu setempat (Kamis WIB).

Kemenangan itu diraih Chelsea berkat gol-gol yang dicetak Tammy Abraham dan Willian, setelah Lille hanya bisa membalas lewat Victor Omsihen, demikian catatan laman resmi UEFA.

Pun demikian, hasil itu belum mampu membuat tim besutan Frank Lampard beranjak dari posisi ketiga klasemen dengan koleksi tiga poin di bawah Ajax (6) dan Valencia (3), sementara Lille (0) mantap sebagai juru kunci.

Baca juga: Ajax bungkam Valencia 3-0 di Mestalla

Chelsea mengambil inisiatif menyerang pada awal laga dan situasi itu bertahan hingga hampir separuh babak pertama.

Hasilnya, tim tamu berhasil membuka keunggulan pada menit ke-22 lewat kombinasi dua pemain muda Fikayo Tomori dan Abraham.

Tomori melepaskan umpan lambung jauh yang tak mampu diantisipasi barisan pertahanan Lille dan bola disambut dengan baik oleh Abraham, sebelum ia mengakhirinya dengan penyelesaian dingin memperdaya kiper Mike Maignan.

Gol itu tak ubahnya menjadi hadiah personal bagi Abraham yang pada hari ini tepat merayakan ulang tahun ke-22.

Sayangnya, keunggulan Chelsea tak bertahan lama dan Lille berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-33 memanfaatkan situasi sepak pojok.

Tendangan sudut Jonathan Bamba berhasil disambut oleh Omsihen meski ia dikawal ketat Tomori dan Kurt Zouma, demi menanduk bola ke gawang Chelsea.

Baca juga: Dortmund lampiaskan kekesalan kepada Slavia

Skor imbang 1-1 bertahan hingga turun minum dan memasuki babak kedua, Lille berusaha mengeksploitasi kelemahan Chelsea mengantisipasi situasi bola-bola mati.

Sayangnya, peluang lewat dua sepak pojok beruntun pada menit ke-52 belum membuahkan hasil lewat sundulan tipis Jose Fonte dan tandukan Benjamin Andre yang masih bisa ditepis kiper Kepa Arrizabalaga.

Chelsea yang tak banyak melakukan tembakan tepat sasaran lantas berhasil merestorasi keunggulan mereka pada menit ke-77 lewat tendangan voli Willian.

Callum Hudson-Odoi yang baru masuk menggantikan Reece James pada menit ke-67 berperan besar atas gol tersebut lewat aksinya memperdaya bek Mehmet Zeki Celik sebelum melepaskan umpan silang terukur untuk Willian.

Hanya saja, Chelsea hampir membuang percuma keunggulan mereka pada menit ke-83 saat barisan pertahanan melakukan blunder. Marco Alonso melepaskan umpan balik yang gagal disambut Zouma dan direbut oleh Bamba, beruntung Kepa membuktikan labelnya sebagai kiper termahal di dunia dalam situasi itu dengan melakukan halauan penting.

Skor 2-1 bertahan hingga peluit tanda laga usai menandai kemenangan perdana Lampard bersama Chelsea di kancah Eropa.

Baca juga: Napoli harus berbagi satu angka dengan KRC Genk

Baca juga: Liverpool susah payah kalahkan Salzburg 4-3 di Anfield

Baca juga: Suarez antar Barcelona balik kalahkan Inter 2-1


Susunan pemain:

Lille (4-2-3-1): Mike Maignan; Mehmet Zeki Celik, Jose Fonte, Gabriel, Reinildo; Benjamin Andre (Renato Sanches), Boubakary Soumare; Luiz Araujo (Xeka), Jonathan Ikone (Yusuf Yazici), Jonathan Bamba; Victor Osimhen
Pelatih: Christophe Galtier

Chelsea (3-4-3): Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta, Kurt Zouma, Fikayo Tomori; Reece James (Callum Hudson-Odoi), N'Golo Kante, Jorginho, Marcos Alonso; Willian (Pedro Rodriguez), Tammy Abraham, Mason Mount (Mateo Kovacic)
Pelatih: Frank Lampard

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar