counter

Liga Belanda

Vitesse merangsek ke urutan ketiga kala Sparta jegal Twente

Vitesse merangsek ke urutan ketiga kala Sparta jegal Twente

Para pemain Vitesse Arnhem merayakan gol Max Clark (kanan) ke gawang FC Utrecht di Stadion GelreDome, Arnhem, Belanda, Sabtu (5/10/2019) setempat. (ANTARA/Twitter@MijnVitesse)

Jakarta (ANTARA) - Vitesse merangsek naik ke urutan ketiga klasemen usai memenangi laga pekan kesembilan Liga Belanda mereka yang berlangsung Minggu dini hari WIB kala pada saat bersamaan Sparta Rotterdam berhasil menjegal FC Twente.

Menjamu FC Utrecht di Stadion GelreDome, Vitesse unggul cepat lewat gol yang dicetak Max Clark pada saat laga baru berjalan sembilan menit, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Namun, keunggulan itu hilang saat Adam Maher mencetak gol dari tendangan jarak jauh yang gagal diantisipasi kiper Remko Pasveer pada menit ke-38.

Beruntung Tim Matavz sukses merestorasi keunggulan Vitesse pada menit ke-68 memanfaatkan umpan dari Clark dan skor 2-1 itu bertahan hingga laga usai.

Baca juga: Hasil Liga Belanda, Ajax dongkel Vitesse dari puncak dibantu PSV

Vitesse kini menduduki urutan ketiga klasemen dengan raihan 20 poin, meski posisinya belum aman mengingat AZ Alkmaar (19) baru berlaga Minggu malam.

Sedangkan Utrecht (14) turun ke peringkat keenam, dilompati oleh Sparta (15) yang berhasil meraih kemenangan 2-1 atas tamunya Twente di Stadion Het Kasteel.

Usai main imbang nirgol pada babak pertama, Sparta membuka keunggulan tiga menit selepas turun minum melalui Halil Dervisoglu namun hal itu hanya bertahan sejenak sebab tiga menit kemudian Twente menyamakan kedudukan melalui Calvin Verdonk.

Sparta mendapat keuntungan saat Twente dipaksa menyelesaikan pertandingan dengan 10 pemain menyusul kartu merah untuk Juli Pleguezuelo pada menit ke-84 menyusul pelanggaran atas Dervisoglu yang dikeluarkan wasit menyusul konsultasi panjang dengan VAR.

Keuntungan jumlah pemain mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Sparta untuk merestorasi keunggulan mereka lewat gol Bryan Smeets pada menit ke-88. Akibat kekalahan itu Twente (12) melorot ke urutan ke-11.

Heracles dan Heerenveen menang

Dalam laga yang berlangsung lebih awal Heracles Almelo berhasil memetik kemenangan 2-0 atas FC Emmen di Stadion Erve Asito.

Gol Cyriel Dessers dilengkapi gol bunuh diri Keziah Veendorp untuk menyokong kemenangan Heracles yang naik ke peringkat ketujuh dengan koleksi 14 poin, sedangkan Emmen (7) turun ke urutan ke-15.

Baca juga: Groningen perburuk catatan nirkemenangan RKC Waalwijk

Sedangkan pertandingan lain yang dimainkan lebih larut, SC Heerenveen juga membukukan kemenangan dengan skor tipis 1-0 atas PEC Zwolle berkat gol semata wayang Mitchell van Bergen.

Kemenangan itu membuat Heerenveen naik ke peringkat kesembilan dengan koleksi 13 poin, sementara PEC (7) meski kalah juga naik ke urutan ke-14 karena diuntungkan hasil pertandingan lain.

Baca juga: Jadwal Liga Belanda: persaingan Ajax dengan PSV berlanjut
 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar