Senam

Biles sabet gelar juara dunia senam ke-15 kalinya

Biles sabet gelar juara dunia senam ke-15 kalinya

Pesenam AS Simone Biles saat tampil pada final beregu putri Kejuaraan Dunia Senam di Stuttgart, Jerman, 8 Oktober 2019. (AFP/LIONEL BONAVENTURE)

Stuttgart, Jerman (ANTARA) - Bintang senam Amerika Serikat Simone Biles memperpanjang daftar perolehan medali emasnya dari kejuaraan dunia menjadi 15 setelah Selasa waktu setempat Amerika menjuarai nomor beregu putri pada kejuaraan dunia senam di Stuttgart, Jerman.

Biles (22) merebut medali ke-21 yang dia peroleh dari kejuaraan dunia senam untuk menjadi pesenam putri paling banyak mendapatkan medali, satu medali di atas Svetlana Khorkina dari Rusia.

Dia juga hanya dua medali di bawah peraih medali senam terbanyak sepanjang masa yang dipegang Vitaly Scherbo dari Belarus yang merupakan bintang senam putra pada era 1990-an.

Emas ini juga menjadi medali emas Biles keempat dari nomor beregu yang didominasi Amerika dalam delapan tahun terakhir.

Tim putri Amerika menggondol emas setelah mengumpulkan 172,330 poin, jauh di atas Rusia yang memperoleh medali perak dengan 166,529 poin, sedangkan medali perunggu jatuh ke tangan Italia dengan total nilai 164,796.

Biles memainkan peran penting untuk timnya dengan mengumpulkan poin paling banyak pada tiga dari empat disiplin, yakni kuda-kuda lompat, balok keseimbangan dan senam lantai.

Dia mendapatkan sambutan meriah setelah mendarat dengan teknik yang dikenal dengan "Biles II" -- gerakan memuntir tiga kali di udara diakhiri mendarat dalam posisi memunggungi lapangan atau triple-twisting double back-- sehingga dia melunasi janjinya untuk menampilkan gerakan ini di Stuttgart.

Dia membuat AS unggul bersih 15,333 dalam nomor senam lantai bersama rekan beregunya Jade Carey dan Sunisa Lee untuk mempersembahkan medali emas Amerika

Biles diperkirakan masih akan menambah medali karena difavoritkan dalam final nomor semua alat putri pada Kamis.

Baca juga: Zhang dan Feng Angkat Pamor China
 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Senam artistik putra sumbang medali perunggu

Komentar