Jakarta (ANTARA) - Gareth Bale mencetak satu gol untuk menyelamatkan tim nasional Wales dari kekalahan kontra Kroasia dan menahan imbang tamunya itu dengan skor 1-1 dalam laga lanjutan Grup E Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion Kota Cardiff, Minggu setempat (Senin WIB).

Kroasia membuka keunggulan hanya sembilan menit setelah sepak mula saat Nikola Vlasic memanfaatkan keteledoran lini belakang tuan rumah untuk mencetak gol.

Empat menit kemudian, Kroasia hampir menggandakan keunggulan mereka setelah Ivan Perisic lolos dari jebakan offside untuk menanduk umpan silang Bruno Petkovic, namun kiper Wayne Hennessey melakukan penyelamatan gemilang.

Wales perlahan mulai berusaha mengimbangi permainan tamunya hingga pada menit ketiga injury time Bale mengejar umpan terobosan dari Ben Davies, melewati Dejan Lovren sebelum menjebol gawang Kroasia demi menyamakan kedudukan 1-1.

Baca juga: Bale lega bisa bela Wales lawan Kroasia

Pada menit ke-55 Wales hampir berbalik memimpin setelah Davies mencuri bola yang gagal disapu sempurna oleh Luka Modric sebelum mengirimkannya kepada Daniel James yang merangsek ke dalam kotak penalti. Sayangnya, tembakan James mampu dihentikan oleh kiper Dominik Livakovic.

Sayangnya itu menjadi satu-satunya peluang berarti yang dimiliki kedua tim hingga laga berakhir dengan kedudukan imbang 1-1.

Hasil itu membuat Wales tertahan di peringkat keempat dengan koleksi delapan poin, sedangkan Kroasia (14) masih memimpin di puncak klasemen Grup E.

Kondisi tersebut membuat setidaknya empat tim masih berpeluang untuk lolos ke putaran final dalam rangkaian pertandingan yang akan berlangsung pada pertengahan November mendatang.

Baca juga: Legenda MU puji penampilan Bale

Baca juga: Hasil Grup I: Belgia lolos didampingi Rusia, Skotlandia ke playoff


Susunan pemain:

Wales (4-1-4-1): Wayne Hennessey; Connor Roberts, Tom Lockyer, Joe Rodon, Ben Davies; Ethan Ampadu (Joseff Morrell); Gareth Bale, Joe Allen, Jonathan Williams (Harry Wilson), Daniel James; Kieffer Moore (Tyler Roberts)
Pelatih: Ryan Giggs

Kroasia (4-2-3-1): Dominik Livakovic; Tin Jedvaj, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Borna Barisic; Luka Modric (Milan Badelj), Mateo Kovacic (Ivan Rakitic); Ivan Perisic, Nikola Vlasic, Josip Brekalo; Bruno Petkovic (Ante Rebic)
Pelatih: Zlatko Dalic

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2019