Perancang produk tas multifungsi jadi pemenang IGDS 2019

Perancang produk tas multifungsi jadi pemenang IGDS 2019

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih berfoto bersama para penerima penghargaan Indonesia Good Design Selection 2019 di Jakarta, Senin (14/10/2019). (ANTARA/ Sella Panduarsa Gareta)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian menobatkan penghargaan Grand Award pada ajang Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2019 pada Oki Lutfi Nurdin yang merancang tas carier bernama Keba 50L dari PT Eigerindo Multi Produk Industri.

“Selain untuk membawa barang, Keba dapat difungsikan untuk mengangkut korban jika terjadi kecelakaan di medan pendakian atau penjelajahan,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih di Jakarta, Senin.

Gati menyampaikan, Penyelenggaran IGDS mengalami peningkatan antusiasme tiap tahunnya, dengan rincian jumlah pendaftar 3 (tiga) tahun terakhir adalah 99 produk pada 2016, 243 produk pada 2017 dan 333 produk pada 2019.

Baca juga: Tas kulit buaya papua paling laku

Adapun 333 produk yang dilombakan pada IGDS 2019 telah melalui Penjurian Tahap I, pada tanggal 19-20 September 2019; Penjurian Tahap II, pada tanggal 2-3 Oktober 2019; dan Penjurian Tahap III yang dilaksanakan bersamaan dengan IGDS Awards, pada 14 Oktober 2019.

“Tim juri IGDS 2019 berasal dari perwakilan asosaisi terkait, praktisi desain produk dan pemerhati tren pasar serta perwakilan Kementerian Perindustrian, termasuk Menteri Perindustrian Bapak Airlangga Hartarto,” ujar Gati.

IGDS Award yang dilaksanakan di Balai Kartini pada Senin merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka pemberian Penghargaan Desain Terbaik Indonesia / Penghargaan IGDS 2019 yang ditujukan bagi para desainer yang berkontribusi dalam peningkatan kualitas produk industri nasional.

Seluruh penerima penghargaan akan mendapatkan sertifikat dan hak penggunaan logo IGDS untuk promosi produk, serta hadiah uang tunai bagi penerima penghargaan yaitu People’s Choice sebesar Rp25 juta; Best 3 masing-masing sebesar Rp50 juta; dan Grand Award sebesar Rp100 juta

Bagi pemenang IGDS 2019 Grand Award dan Best Three akan mendapatkan hadiah berupa workshop di Taiwan, yang merupakan hasil kerja sama dengan Taiwan Design Center (TDC).

“Dengan adanya program IGDS Awards 2019, diharapkan tidak hanya menjadi sebuah kegiatan, namun akan menjadi gerakan yang dapat meningkatkan citra positif bangsa melalui produk-produk Indonesia yang inovatif dengan kualitas desain yang baik,” ungkap Gati.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar