Sepak Bola Nasional

Tim Indonesia U-12 finis posisi empat Danone Nations Cup Barcelona

Tim Indonesia U-12 finis posisi empat Danone Nations Cup Barcelona

Tim Indonesia U-12 berfoto bersama sambil membentangkan bendera merah putih saat tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (14/10/2019). (ANTARA/HO/Humas Timnas Indonesia U-12)

Jakarta (ANTARA) - Tim sepak bola Indonesia U-12 finis di posisi empat kejuaraan dunia Danone Nations Cup (DNC) 2019 di Barcelona, Spanyol, 11-13 Oktober lalu.

Tim Indonesia yang masuk ke dalam Grup D kualifikasi, menorehkan catatan dua kali menang dan satu kali kalah yaitu saat mereka berhasil menundukkan Portugal dengan skor 2-0 dan Hongaria 3-0.

Namun di partai akhir penyisihan grup, tim Indonesia takluk 0-2 oleh Jerman. Dengan hasil tersebut, timnas Indonesia pun berhak melaju ke perempat final dengan status runner up grup.

Pada babak delapan besar, tim Merah Putih berhasil menumbangkan Tunisia 1-0, namun langkah mereka harus terhenti di babak semifinal usai kalah 0-3 oleh Spanyol.

Meski begitu, Pelatih Kepala Tim Indonesia Alfredo Vera mengatakan bangga dengan anak asuhnya yang bisa tampil hebat di lapangan.

"Mereka adalah tim terlatih dan berada di antara yang terbaik dari segi kemampuan sepak bola. Mereka menunjukkan kebersamaan, saling menghormati, dan fair play sejak hari pertama," ungkap Alfredo seperti dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin.

Sebanyak 56 tim dari 27 negara berpartisipasi dalam Piala Dunia DNC 2019. Tim Indonesia sendiri tiba di Tanah Air melalui Bandara Soekarno Hatta, Banten, Senin (14/10). Kedatangan Tim Garuda Muda disambut Communications Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin.

“Seluruh rangkaian kegiatan DNC bertujuan untuk mengedukasi anak-anak agar kelak mereka dapat memberi kebaikan di dalam maupun di luar lapangan, untuk sesama manusia dan juga lingkungan,” kata Arif.

DNC merupakan salah satu festival sepak bola U-12 terbesar yang juga diakui oleh FIFA sebagai piala dunia sepak bola untuk anak-anak. DNC melalui programnya DanoneAQUA telah melahirkan talenta-talenta muda Indonesia berbakat menjadi pesepak bola profesional seperti Andik Vermansyah, Evan Dimas dan Rasyid Bakri.

Baca juga: Pelajar Indonesia tempuh perjalanan 320 kilometer demi Timnas
Baca juga: Fakhri: Performa timnas U-19 semakin baik

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar